25 radar bogor

Dorong Saan Ikut Rebutan Jadi Wakil Emil

SIMBOLIS: Saan menyerahkan dukungan kepada Ridwan Kamil.
SIMBOLIS: Saan menyerahkan dukungan kepada Ridwan Kamil.

KARAWANG–Bursa kandidat calon wakil gubernur pendam­ping Ridwan Kamil di Pilgub Jabar 2018, kian memanas. Terbaru, Saan Mustopa akan ikut ­meramaikan. Ketua DPD Partai NasDem Jawa Barat itu muncul berdasarkan hasil rapat konsolidasi internal DPD Partai NasDem Jabar di Kabupaten Bandung Barat (KBB), pekan lalu.

”Ketua DPD NasDem dari 27 kabupaten/kota se-Jawa Barat setuju mendorong Kang Saan,” kata Ketua DPD Partai NasDem Karawang Dian Fahrud Jaman, Senin (4/12).

Menurut Dian, seluruh DPD Partai NasDem se-Jabar akan melakukan kerja-kerja politik untuk mendorong Saan Mustopa maju sebagai cawagub Jabar mendampingi Ridwan Kamil. Dia mengatakan, keputusan NasDem mendorong Saan berawal dari komitmen semua partai yang tergabung dalam Koalisi Ridwan Kamil.

“Koalisi memiliki prinsip yang sama, yaitu kesetaraan bukan dibangun atas jumlah kursi, sehingga partai lain juga bisa mengusung calon wakilnya untk mendampingi Emil,” katanya.NasDem dan parpol lain juga punya hak yang sama untuk mengajukan kadernya mengikuti konvensi.

Sebelumnya, partai koalisi pendukung Ridwan Kamil sudah memiliki jagoan masing-masing untuk maju mendampingi wali Kota Bandung itu. Nama yang muncul adalah Uu Ruzhanul Ulum (PPP), Daniel Mutaqien Syafiuddin (Partai Golkar) dan Syaiful Huda (PKB). Saan dan ketiga nama tersebut bakal dinilai oleh sembilan juri.

Mereka masing-masing eks Wakil Ketua KPK Erry Riyana Hardjapamekas, eks Menko Kemaritiman Rizal Ramli, eks Rektor Unpad Ganjar Kurnia, poli­tikus senior Tjetje Hidayat Pad­madinata, eks Ketua DPD I Golkar Jabar Uu Rukmana, politik­us Golkar Popong Otje Djun­djunan (Ceu Popong), Ketua MUI Kota Bandung Miftah Faridl, serta dua kiai asal pondok pesant­ren di Depok dan Pantura. (dc)