Beranda Pendidikan

UNIDA Juara 1 LKTI di Unair

HARUMKAN UNIDA: Ratih saat menerima penghargaan.

BOGOR–Ratih Dewi Sujana ha­rumkan Universitas Djuanda (Unida) Bogor dengan mem­peroleh juara 1 dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Nut Research 2017 Tingkat Jawa dan Bali (27/11).

Kegiatan yang diselenggarakan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya ini baru pertama diadakan. Responsnya pun sangat baik. Terbukti dengan tingginya antusias peserta yang berkompetisi.

Ratih menjelaskan, peserta melalui beberapa tahap dan di final ia menyisakan lima pe­serta. “Diawali tahap seleksi abstrak, kemudian diumumkan dalam rentang waktu satu minggu, dilanjutkan pengum­pulan full paper, lalu penjelasan isi dari full paper tersebut mela­lui presentasi,” bebernya.

Mahasiswi jurusan Teknologi Pangan dan Gizi (TPG) Fakultas Ilmu Pangan Halal (FIPHAL) UNIDA Bogor tersebut, mem­buktikan bahwa dirinya mampu ber­saing dengan peserta lainnya. “Karya tulis tersebut saya siapkan selama satu minggu, waktu yang sangat singkat menurut saya. Di sanalah titik kesulitannya. Namun dalam waktu tersebut saya berhasil melakukan formulasi untuk produk, melakukan pengujian untuk keamanan produk itu sendiri, dan mempersiapkan full paper,” terang Ratih.

Dengan judul ‘Formulasi Serbuk Effervescent Kacang Merah (Phaseolus Vulgaris) seba­gai Sediaan Protein Antimual bagi Ibu Hamil dalam Masa 1.000 Hari Pertama Kehi­dupan (1.000 PHK)’, dia sempat merasa tidak percaya diri melihat para pesaing dari PTN lainnya. “Bermodal keyakinan dan doa, saya yakin dan mampu menyelesaikan karya tulis dengan baik sehingga alham­dulillah meraih juara I tingkat Jawa dan Bali,” ungkap Ratih.

Sementara itu, Wakil Dekan FIPHAL UNIDA Bogor Ammi­nulloh merasa bangga dengan prestasi Ratih. Dia mengapresiasi inisiatif dan kreativitas mahasiswinya mengikuti kegiatan tersebut.

Menurutnya, dua hal yang dimiliki Ratih juga sedikit berkurang di kalangan mahasiswa saat ini. Ia berharap, kemenangan Ratih memotivasi mahasiswa lainnya untuk berprestasi.

“Kami ucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing beliau, Ibu Sri Rejeki, Ibu WR I, dan Ibu Rita Rahmawati yang sangat mendukung kegiatan kemahasiswaan, para dosen FIPHAL, dan seluruh civitas akademika atas keberhasilan yang telah diraih Ratih Dewi Su­jana. Semoga Universitas Djuanda semakin berjaya,” ujarnya.(cr1/c)

Baca Juga