Beranda Politik

Tanam Pohon sebelum ’’Perang’’

DIGANJAR PENGHARGAAN: Komunitas Gerakan Tanam Pohon (GTP) yang terdiri dari para politikus dan pegiat lingkungan Kota Hujan, mendapat penghargaan dari Pemerintah Kerajaan Belanda atas dedikasinya pada lingkungan. Foto insert: Duta Besar Belanda, He Rob Startbol turut menanam pohon di kawasan Kebun Raya Bogor.IST

BOGOR-Ada pemandangan menarik di Kebun Raya Bogor siang kemarin (28/11). Para petinggi partai politik di Kota Hujan berkumpul sebelum ”perang” di arena Pilkada 2018 mendatang. Bersama para alumni Fakultas Kehutanan Angkatan 28 IPB, mereka menanam pohon.

’’Aksi ini bertepatan dengan Hari Menanam Pohon Indonesia. Kami juga menerima penghargaan dari Pemerintah Kerajaan Belanda atas komitmen menanam pohon,’’ kata inisiator aksi yang juga politikus Partai Golkar, Heri Cahyono.

Aksi komunitas Gerakan Tanam Pohon (GTP) kemarin juga dihadiri Duta Besar Belanda, He Rob Startbol dan Dirjen Departemen Luar Negeri Pemerintah Kerajaan Belanda, Andera Haspele. Heri mengatakan, penghargaan dari Dubes Belanda tersebut sebagai apresiasi kepada GTP atas peran aktif menjaga lingkungan.

Heri mengatakan, hingga kini GTP sudah menanam sekitar dua ribu bibit pohon di 165 titik. Penanamannya sengaja dilakukan terpisah agar merata tumbuh di enam kecamatan yang ada di Kota Bogor. ”Ini rutin kami jalankan. Kalau politik di Bogor mah asyik kok. Walau apa pun yang terjadi di pusat, kita tetap asyik,’’ kata dia.

Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Zaenul Mutaqin menambahkan, GTP juga akan merayakan HUT ke-2 pada 3 Desember mendatang. Berbagai agenda bahkan telah disiapkan untuk memeriahkan puncak acara yang rencananya berlangsung di Hotel Salak The Heritage. ’’Sifatnya hiburan saja,’’ singkat adik kandung mantan Bupati Bogor Rachmat Yasin tersebut.

Sebelum menyerahkan sertifikat penghargaan, Duta Besar Kerajaan Belanda Rob Swartbol beserta Dirjen Politik Kementerian Luar Negeri Belanda Andre Haspels ikut menanam pohon di Kebun Raya Bogor.(rp1/c)

Baca Juga