25 radar bogor

Situ Plaza Cibinong Dilengkapi Skate Park

(Sofyan/ Radar Bogor) KEJAR TARGET: Para pekerja terus membangun taman sekitar situ samping gedung DPRD Kabupaten Bogor, kemarin.

KEJAR TARGET: Para pekerja terus membangun taman sekitar situ samping gedung DPRD Kabupaten Bogor, kemarin. (Sofyan/ Radar Bogor)

CIBINONG–Pemkab Bogor tak mau kalah dengan daerah tetangga, Kota Bogor. Untuk memfasilitasi aktivitas para kaum muda, pembangunan Situ Plaza Cibinong juga akan dilengkapi sarana skate park. Taman yang khusus diciptakan untuk para pemain skateboard dan sejenisnya itu akan terbuka untuk umum.

Kabid Sarana dan Prasarana Bappeda Litbang Kabupaten Bogor, Ajat Rochmat Jatnika menyebut, pembuatan skatepark melihat aspek humanisme dan perilaku masyarakat di sekitar kawasan tersebut. Berdasarkan pengamatannya, banyak aktivitas masyarakat Cibinong yang belum terwadahi, salah satunya fasilitas bermain skateboard. ’’Jadi konsep itu bersatu. Ada untuk anak-anak, keluarga, dan anak muda,’’ ujarnya kepada Radar Bogor, kemarin (28/11).

Dalam pembangunan taman terpadu di kawasan danau ini, pemerintah daerah tak bisa sendiri. Perlu adanya kerja sama pihak lain seperti menggandeng Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Australia Indonesia Center (AIC) dalam perancangan kota dengan ketahanan air.

’’Mereka yang melakukan studi kualitas air dalam kota, sehingga harapannya memang situ tidak akan surut ketika kemarau seperti yang sudah-sudah,’’ tuturnya.

Ajat berharap saat Situ Plaza Cibinong resmi dibuka, banyak kegiatan-kegiatan warga di dalamnya. Jangan sampai taman pasif sehingga menimbulkan kesan tak terurus. Jangan juga taman malah menjadi lokasi perilaku negatif. ’’Kami minta semua lapisan masyarakat turut menjaga keindahannya. Situ ini harus aktif dengan kegiatan tetapi harus diiringi dengan tanggung jawab,’’ harapnya.

Ajat menambahkan, saat ini target pembangunan sudah mencapai 70 persen. Untuk konstruksi dasar sudah selesai, sehingga diperkirakan akhir bulan ini area anak-anak dan beberapa lainnya selesai. ’’Target selesai sampai 26 Desember. Tetapi memang 10 Desember saat Hari Jadi Korpri, rencananya sekalian kami ingin peresmian tahap satu oleh bupati,’’ tukasnya.(rp2/c)