Beranda Pendidikan

Tari Merak Kolosal SMP Rimba Teruna Curi Perhatian

BERBAGI
KOMPAK: Ratusan siswa memperagakan tarian merak kolosal di halaman sekolah.

BOGOR-Tari merak kolosal siswa-siswi kelas 7 SMP Rimba Teruna mencuri perhatian warga sekolah dalam kegiatan pentas seni tahunan SMP Rimba Teruna, akhir pekan lalu.

Kepala SMP Rimba Teruna, Sudremi mengatakan, dengan mengaplikasikan Kurikulum 2013 (K13), sekolahnya memasukkan pelajaran seni budaya pada materi kurikulum. “Dari mata pelajaran itu, mereka mempelajari seni tari. Untuk pensi tahun ini, seni tari kolosal yang mereka tampilkan yaitu tari merak. Sebanyak 254 anak dari kelas 7 pun turut dilibatkan,” ungkapnya kepada Radar Bogor.

Pensi yang dilakukan tiap tahun tersebut, memang memberikan wadah bagi anak didiknya yang sangat tertarik dalam bidang seni. Karena, menurut Sudremi, tidak semua anak berbakat di bidang akademik. Banyak dari mereka justru sangat menonjol di bidang seni.

Bagi kelas 9, lanjutnya, penampilan mereka bahkan menjadi penilaian ujian praktik yang sudah disiapkan sejak awal semester. “Mereka sudah dibagi jadi beberapa kelompok, ada yang drama, musik, dan ada juga yang seni tari,” kata Sudremi.

Ia berharap, dengan adanya wadah untuk bidang seni ini, anak didiknya bisa menemukan bakat mereka. Karena, biasanya melalui pentas seni, sekolah melahirkan anak-anak berbakat. “Saat melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya, anak-anak seni juga banyak yang berhasil. Sudah dipastikan anak-anak di SMA Rimba yang berpotensi, berasal dari anak-anak SMP Rimba,” tutupnya.(ran/c)

Baca Juga