Beranda Pendidikan

Siswa Binaan YPA-MDR ke Graha Pena


ANTUSIAS: Salah satu siswa bertanya tentang materi jurnalistik. (nelvi/radar bogor)

BOGOR–Sebanyak 20 siswa sekolah binaan Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim (YPA-MDR) antusias mengikuti pelatihan jurnalistik di kantor Radar Bogor, kemarin (27/11). Siswa SMPN 4 Leuwiliang dan SMKN 1 Leuwiliang tersebut, mendapatkan pemaparan dari redaktur Radar Bogor, Alpin dan Ricki Noor Rahman mengenai tahapan mendapatkan berita hingga penulisannya.

Dalam kesempatan tersebut, Ricki menjelaskan tahapan liputan dalam beberapa peristiwa, seperti kecelakaan, kebakaran, serta investigasi. Selanjutnya, siswa diberikan kesempatan mencoba menulis berita tentang kegiatan hari itu. Tulisan Mega A F dari SMKN 1 Leuwiliang dan Pramudya dari SMPN 4 Leuwiliang pun terpilih menjadi yang terbaik dan mendapat hadiah dari YPA-MDR.

Ketua Pengurus YPA-MDR, Herawati mengaku sangat senang dapat mengajak siswa berlatih jurnalistik secara langsung di kantor Radar Bogor. “Selain lokasinya yang dekat, Radar Bogor juga merupakan koran lokal yang namanya sudah besar dan kualitas beritanya sangat bagus,” bebernya.

Seusai kegiatan, Herawati berharap siswanya bisa aktif menulis. Apalagi Sahabat Pena YPA–MDR sudah di-launching, di mana masing-masing sekolah binaan memiliki duta sahabat pena delapan orang. “Dengan pelatihan ini mereka jadi memiliki bekal, dan termotivasi untuk berkontribusi menulis berita kemudian dikirimkan untuk YPA-MDR yang saat ini punya buletin dan di majalah ASTRA juga bisa kami masukkan,” jelasnya.(cr1/c)

Baca Juga