Beranda Metropolis

Lantik Pengurus dan Majelis Pembimbing Saka Dirgantara

BERBAGI
DILANTIK:Kwarcab Pramuka Kota Bogor melantik 45 anggota pengurus dan majelis pembimbing Satuan Karya (Saka) Dirgantara periode 2017-2022 di Lapangan Disops Lanud ATS Bogor, Minggu (26/11).

BOGOR–Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kota Bogor Ade Sarip Hidayat melantik 45 anggota pengurus dan majelis pembimbing Satuan Karya (Saka) Dirgantara periode 2017-2022 di Lapangan Disops Lanud Atang Sendjaja, Minggu (26/11).

Dalam sambutannya, Ade mengaku bangga dapat melantik kepengurusan Saka Dirgantara periode 2017-2022, karena baru pertama kalinya pelantikan dapat dilakukan semewah ini. “Jadi, ini luar biasa. Jujur saja, di tengah padatnya agenda Pemkot Bogor, saya menyempatkan untuk melantik Saka Dirgantara, karena kecintaan, kebanggaan terhadap Pramuka,” katanya.

Ia menerangkan, ada tiga yang harus dilakukan agar senantiasa menjadi pramuka yang unggul sesuai dengan nilai Dasa Dharma Pramuka. Yaitu suci pikirannya, suci perkataannya, dan suci perbuatannya. “Oleh karena itu, yakinkan, insyaallah, ketika niat kita lurus dalam mengemban tugas pramuka hidup kita akan selamat,” ujarnya.

Secara khusus, Ade mengucapkan selamat kepada kepengurusan Saka Dirgantara yang baru dilantik dan berpesan agar terus berbuat kebaikan, khususnya melalui kegiatan pramuka di Kota Bogor. Menurutnya, gerakan pramuka telah menjalankan fungsinya sebagai pendidikan di luar sekolah.

Berbicara pendidikan, bukan hanya meluluskan siswa, bukan hanya meluluskan nilai. Akan tetapi, tujuan pendidikan itu mewujudkan manusia yang beriman dan bertakwa, memiliki pengetahuan serta sehat jasmani dan rohani.

“Tujuan pendidikan ini akan tercapai jika kita bergandeng tangan dengan pramuka. Karena keberhasilan itu 80 persen ditentukan oleh sikap atau perilaku, bukan matematika atau IPA, dan nilai itu semua ada di pramuka,” terangnya.

Ketua Saka Dirgantara Kwarcab Pramuka Kota Bogor M Fadli Khoiri berharap, Saka Dirgantara dapat lebih dikenal luas tidak hanya di pramuka saja, khususnya di wilayah Kwarcab Kota Bogor dan Kabupaten Bogor, sehingga semakin banyak peminatnya untuk bergabung dengan Saka Dirgantara.

“Saka Dirgantara ini, menurut saya, wadah yang tepat untuk mengembangkan minat dan bakat kita di bidang kedirgantaraan, karena di sini tidak hanya belajar tentang pesawat tetapi juga ada tentang bagaimana bertahan hidup,” pungkasnya.(wil/*)

Baca Juga