Beranda Berita Utama

Wakil PM Tiongkok: Indonesia Rumah Kedua Panda

MENGGEMASKAN: Seorang fotografer mengabadikan tingkah lucu Giant Panda di Istana Panda Taman Safari Indonesia, Cisarua, Kabupaten Bogor, kemarin (26/11).

BOGOR-Manajemen Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua kemarin resmi membuka Istana Panda Indonesia, rumah panda raksasa asal Tiongkok, Cai Tao dan Hu Chun. Kerja sama konservasi Giant Panda Indonesia-Tiongkok juga diresmikan oleh delegasi pemerintahan Repubiik Rakyat Tiongkok yang dipimpin Wakil Perdana Menteri (Vice Premier II), H.E. Madame Liu Yandong.

Kunjungan Madame Liu kemarin sekaligus meninjau Iangsung dan melihat kondisi sepasang giant panda dan merasakan pengalaman menjadi pengunjung di Istana Panda Taman Safari. Kepada pewarta, Liu mengatakan, kerja sama di bidang konservasi alam itu adalah simbol yang sangat penting bagi hubungan kedua negara.

“Hubungan kedua negara terus maju dan dalam berbagai bidang terus diperdalam. Dengan dukungan Presiden Xin Jinping dan Presiden Joko Widodo,” katanya dibantu penerjemah. Pada 2015, kata Liu, kedua belah pihak sepakat bekerja sama pertukaran budaya. Kerja sama itu diperkuat dengan penandatanganan MoU, Agustus 2016. “Waktu itu saya dengan ibu Puan Maharani menan datangani MoU konservasi panda ini.

Setelah persiapan selama satu tahun, September ini, Cai Tao dan Hu Chun membawa persahabatan dari Tiongkok ke Indonesia,” kata Liu. Pemerintah Tiongkok percaya sifat panda yang begitu lucu disukai dan dicintai rakyat Indonesia. Selain membawa momentum kemitraan mem perbaiki hubungan Tiongkok-Indonesia.

Tiongkok dan Indonesia adalah dua negara yang kaya dan mementingkan perlindungan hayati. “Dalam beberapa tahun ini pemerintah Tiongkok sedang melakukan serangkaian proyeksi perlindungan ekosistem dan jenis hayati. Mengajukan perlindungan terhadap giant panda terus berhasil,” tutur Liu.

Saat ini, kata Liu, Tiongkok memiliki kawasan perlindungan mencapai 2,58 juta hektare dan memiliki 1.864 ekor panda dan 464 ekor di antaranya dalam kondisi terpelihara. Pemirintah Tiongkok siap bekerja sama dengan pemerintah Indonesia untuk meningkatkan perlindungan melalui kerja sama jenis hayati.

“Kita akan mendorong manusia dan alam hidup harmonis dan juga bersama melindungi bumi sebagai tempat hidup bersama. Giant panda adalah hewan yang membawa persahabatan saya berharap giant panda dapat menyiapkan kedua bela pihak kenangan terindah persahabatan yang baru,” katanya.

Menurut Liu, lingkungan Taman Safari sangat cocok untuk kehidupan giant panda. Dua panda yang dikonservasi itu sangat menyukai bambu yang tumbuh di Indonesia. Dengan demikian, kata dia, Indonesia adalah kampung halaman kedua bagi mereka. (don/c)

Baca Juga