Beranda Berita Utama

Putra Raja Dangdut Daftar Pilbup

BOGOR–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor hari ini (25/11) resmi membuka masa pendaftaran dan penyam­paian syarat dukungan bakal calon bupati dan wakil bupati Bogor dari jalur perseo­rangan. Informasi yang dihimpun Radar Bogor, sejumlah pasangan calon bakal datang hari ini dan langsung melengkapi persyaratan itu.”Batas waktu penyampaian syarat sampai Rabu (29/11) mendatang,’’ ujar Ketua KPU Kabupaten Bogor, Haryanto Surbakti.

Haryanto mengatakan, syarat mutlak yang perlu disampaikan ke KPU yakni identitas lengkap pasangan calon yang maju di Pilbup 2018. Kemudian dokumen surat dukungan berupa tanda tangan dari masyarakat sebanyak 215.731, yang tersebar lebih dari 21 kecamatan.”Harus ada lampiran KTP elektronik dengan jumlah yang sama dengan dukungan,’’ jelasnya.

Selain itu, pasangan calon harus mengisi aplikasi Sistem Informasi Pencalaonan (Silon). Dokumen yang diberikan kepada KPU berupa hard copy dan sudah masuk di aplikasi Silon. Terpenting, kata Haryanto, calon bupati yang akan berlaga di pilbup nanti harus sudah memiliki pasangan wakil. ’’Kalau tak berpasangan, maka kami akan menolak. Termasuk dukungan di bawah syarat minimal (akan ditolak),’’ cetusnya.

Haryanto mengimbau, para pasangan calon tidak menyerahkan dokumen pada hari atau menit-menit terakhir. Dia khawatir akan ada kekurangan persyaratan sehingga tidak ada waktu lagi untuk perbaikan.

Salah seorang bakal calon bupati, Gunawan Hasan (GH) mengaku siap menyerahkan berkas persyaratan ke kantor KPU Kabupaten Bogor hari ini. ”Mohon doa semua sahabat GH. Besok pagi (hari ini, red) akan menyerahkan berkas persyaratan berupa rekapitulasi fotokopi KTP ke KPU Kabupaten Bogor. Semoga berjalan lancar, tidak ada kendala apa pun,” harapnya.

GH juga sudah resmi mendeklarasikan dirinya maju di Pilbup Bogor 2018 dengan menggandeng putra sang Raja Dangdut Rhoma Irama, Ficky Zulfikar Rhoma Irama (FR).”Deklarasi ini sekaligus mengantisipasi persiapan penyerahan dukungan melalui jalur perseorangan,’’ ujar GH kepada Radar Bogor.

GH mengaku sudah memper­kuat jaringan dan simpul-simpul relawan GH-FR. Termasuk di antaranya: fans Rhoma Irama dan Soneta Group (Forsa), serta kader dan simpatisan Partai Idaman. ”Mereka otomatis memberikan dukungan kepada GH-FR,’’ ujar mantan anggota DPRD Kabupaten Bogor itu.

Kekuatan itu diklaim GH menjadi modal besar untuk memenangkan kontestasi politik di Kabupaten Bogor. Dia sesumbar, pada Pilbup 2013 lalu, saat dirinya berpasangan dengan komedian Akri Patrio, jumlah raihan suara berada di urutan kedua.

”Karena itu kami percaya diri. Tim akan mendatangi KPU untuk menyerahkan berkas.Kami juga siapkan 2.265 ribu suara, melebihi jumlah minimal dukungan yang telah ditetapkan KPU,’’ ucapnya.

Sementara itu, bakal calon bupati dan wakil bupati dari jalur perseorangan lainnya, Ade Wardhana dan Asep Ruhiyat, akan menyerahkan dokumen dukungan Senin pekan depan. Rencananya, sebanyak 253.000 bukti pernyataan dukungan dari masyarakat akan diserahkan.(rp1/ded/d)

Baca Juga