25 radar bogor

Bogor Punya Taman Gasing

TAMBAH LAGI: Taman Gasing yang akan dibangun di Kelurahan Bubulak, Kecamatan Bogor Barat,
TAMBAH LAGI: Taman Gasing yang akan dibangun di Kelurahan Bubulak, Kecamatan Bogor Barat

BOGOR-Warga Kota Bogor, khususnya Kelurahan Bubulak, Kecamatan Bogor Barat, sebentar lagi akan memiliki taman bermain bagi anak-anak dan keluarga yang berlokasi di RT 04/ 07. Rencananya, taman tersebut dinamakan Taman Gasing.

Kabid Pertamanan, Penerangan Jalan Umum dan Dekorasi Kota Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperumkim) Kota Bogor, Yadi Cahyadi mengatakan, konsep Taman Gasing ini bukan artinya tempat bermain gasing. “Berdasarkan cerita warga, anak-anak di sekitar lokasi ini senang bermain gasing,” katanya.

Penentuan nama Taman Gasing ini juga turut melibatkan masyarakat sekitar. Dengan ada­nya partisipasi warga, dia berha­rap, bisa menumbuhkan rasa memiliki terhadap taman. Selain itu, hobi anak-anak ber­main gasing pun bisa terfasilitasi.

Dia menjelaskan, luas lahan yang digunakan sekitar 760 meter persegi. Tahap pembangunannya sendiri kurang lebih tiga bulan lewat dana APBD. “Dimulainya pembangunan sejak September dan selesai diperkirakan Desember 2017,” terang Yadi.

Untuk pemeliharaan dan perawatan taman, akan dilakukan warga Bubulak. Hal ini sudah menjadi kesepakatan antara Disperumkim dengan masyarakat. Tapi, Yadi menjelaskan, apabila warga membutuhkan bantuan dalam pemeliharaan tanaman dan lain-lain, dinas siap membantu. “Yang jelas, kami sudah sepakat yang merawat dan menjaga adalah warga setempat,” tukasnya.

Kasi Pemeliharaan Taman Disperumkim Kota Bogor, Erwin Gunawan menambahkan, pembangunan Taman Gasing merupakan salah satu program Pemkot Bogor. Tujuannya, menyebarkan ruang terbuka hijau sebagai pelayanan fasilitas publik agar tidak terpusat di dalam kota.

Selain itu, Erwin menjelas­kan, keberadaan taman diha­rap­kan bisa membantu masya­rakat yang merasa kekurangan ruang terbuka untuk beraktivi­tas. Bisa untuk tempat bermain anak, arena berkumpul maupun untuk penyeleng­garaan seperti 17-an. “Sehing­ga, manfaatnya langsung dirasakan warga,” pungkasnya.(wil/*)