25 radar bogor

Usulkan KRB sebagai Situs Warisan Dunia

PADAT: Ribuan warga memadati Kebun Raya Bogor (KRB) ketika libur panjang. Besok, Selasa (1/5/2018) KRB ditutup karena ada tamu negara. DOKUMEN/RADAR BOGOR.
PADAT: Ribuan warga memadati Kebun Raya Bogor (KRB) ketika libur panjang. Rencananya, KRB akan diusulkan LIPI sebagai situs warisan dunia. (DOKUMEN RADAR BOGOR).

BOGOR–Siapa yang tidak tahu dengan Kebun Raya Bogor (KRB). Kebun botani dengan luas 87 hektare tersebut akan diusulkan menjadi world heritage site atau situs warisan dunia versi badan PBB, UNESCO. Upaya itu kini sedang dibahas Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, Prof Enny Sudarmonowati mengatakan, ide ini muncul sudah sejak lama. Namun, baru dibahas lagi ketika melihat Kebun Botani Singapura yang ukurannya lebih kecil dari KRB bisa memperoleh world heritage site. “Tahun lalu saya bilang, hayuk kita jadikan KRB sebagai world heritage site.

Karena Singapura saja bisa,” katanya kepada Radar Bogor. Padahal, sebelum mengajukan menjadi situs warisan dunia, beberapa pengurus Kebun Botani Singapura datang ke Bogor untuk mempelajari KRB.

“Tidak lama berkunjung ke KRB, akhirnya mereka menjadi world heritage site,” beber Enny. Menurutnya, potensi KRB sangat besar. Usianya saja sudah dua abad dan memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Belum lagi nilai historisnya yaitu menyelamatkan KRB dari ancaman. ”Jadi, ada banyak hal yang dapat ditawarkan dibandingkan Singapore Botanic Garden,” imbuhnya.(ran/c)