Beranda Pendidikan

SMK YAPIA Belajar Jurnalistik

BERBAGI

KERJA SAMA: Wakil Kepala SMK YAPIA Parung Bidang Kesiswaan, Nani Sari Wahyuni (tiga dari kanan) menyerahkan plakat untuk Radar Bogor. (Meldrik/Radar Bogor)

BOGOR–Sebanyak 50 siswa jurusan multimedia SMK YAPIA Parung beserta guru pendamping, mengunjungi Graha Pena untuk mengetahui kinerja pembuatan koran, kemarin (22/11). Rombongan diterima Redaktur Pelaksana Radar Bogor Eka Rahmawati.

Sebagai koran harian lokal Bogor, kata Eka, Radar Bogor tetap eksis hingga saat ini. Selain itu, ia juga menjelaskan proses pembuatan berita hingga terbitnya koran.

“Pertama, seorang wartawan meliput berita,” kata Eka. Setelah itu wartawan mengetik berita dan diedit oleh redaktur.

Selanjutnya tulisan dicek kembali oleh copy-editor agar tidak ada kesalahan penulisan dan lainnya.Setelah itu, layouter atau bagian tata letak bertugas mendesain halaman untuk dicetak oleh tim percetakan.

Eka juga menjawab pertanyaan salah seorang murid SMK YAPIA Parung, Anggun Angel. Ia menanyakan eksistensi koran di tengah kecanggihan teknologi saat ini yang mempermudah seseorang mendapatkan informasi dengan cepat.

Menurut Eka, hal tersebut merupakan tantangan bagi media cetak, terutama Radar Bogor. “Untuk mengatasinya, maka koran harus menampilkan sesuatu yang berbeda dari berita yang sudah beredar di media sosial,” katanya.

Mengakhiri kunjungannya, Wakil Kepala SMK YAPIA Parung Bidang Kesiswaan, Nani Sari Wahyuni menyerahkan plakat sebagai kenang-kenangan. ”Semoga jadi ilmu bagi para siswa, dan kerja sama ini terus berlanjut,” harapnya.(cr1/c)

Komentar Anda

Baca Juga