25 radar bogor

Seratus Balita Ikuti Lomba Sehat

CERIA: Sejumlah dokter muda FK-UKI mengajak balita menari dalam lomba ibu dan balita sehat di aula kantor Kecamatan Megamendung, kemarin.
CERIA: Sejumlah dokter muda FK-UKI mengajak balita menari dalam lomba ibu dan balita sehat di aula kantor Kecamatan Megamendung, kemarin.

MEGAMENDUNG-Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia (FK-UKI) menggelar lomba kesehatan ibu dan balita di aula kantor Kecamatan Megamendung, kemarin (22/11). Lomba ini diikuti 100 balita lebih dari 12 desa. Cara ibu memberi asupan dan perkembangan sang buah hati pun, menjadi faktor utama penilaian.

Ketua Dokter Muda Co-As pada Pelayanan Kesehatan Masyarakat (PKM) FK-UKI, Muhammad Azhar mengatakan, 52 dokter muda yang bertugas, memeriksa anak dengan unik. Seperti memancing gerak-gerik mereka menggunakan lagu dan permainan.

“Kalau dari balitanya saja sudah sehat, itu menunjukkan wilayah tersebut juga sehat,” katanya.

Menurut Azhar, perlombaan ini dibagi dalam tiga kategori, usia 6-18 bulan, 19 bulan-3 tahun, dan 3-4 tahun. Penilaian sendiri mengacu kepada pedoman dari World Health Organization (WHO) dengan skala Z-Score yang menjabarkan kurva kesehatan anak.

Penilaian juga berpatokan pada panduan pemerintah dalam penilaian riwayat gizi dan motorik. Sementara, untuk tanda perkembangan masing-masing kategori, dinilai dari kemampuan anak duduk, makan, dan melempar benda secara mandiri.

“Kegiatan ini juga disisipkan seminar ilmiah kedokteran penyuluhan masyarakat yang digelar di sekolah dan masjid. Sasarannya, para ibu dalam menunjukkan cara pembuatan makanan pendamping ASI,” pungkasnya.(don/b)