25 radar bogor

Pastikan Distribusi Raskin Merata

azis/radar bogor AGAR SEJAHTERA: Jatah beras dari Bulog untuk warga kurang mampu.
AGAR SEJAHTERA: Jatah beras dari Bulog untuk warga kurang mampu. (Azis/Radar Bogor)

SUKAMAKMUR–Penyebaran beras sejahtera (rastra) atau raskin ke tiap desa, terus dipantau kecamatan. Kemarin, Camat Sukamakmur Zaenal Ashari mengimbau pada kepala desa untuk berperan aktif melakukan pengawasan. “Program pemerintah seperti rastra menjadi prioritas pengawasan kami. Karena itu, setiap kades saya imbau untuk aktif menjadi pengawas,” tegasnya.

Semisal, adanya informasi penyebaran rastra yang tak merata di Desa Pabuaran. Camat mengaku langsung ambil sikap memanggil kepala desa. “Saya panggil untuk memberikan laporan. Dan ternyata hanya kesalah-pahaman,” tuturnya.

Ia mengaku, nama beras Bulog lebih familier ketimbang nama raskin atau rastra. Sehingga, ketika ditanya wartawan, warga mengaku tak pernah mendapatkannya. “Sebenarnya sudah merata. Hanya, warga tahunya itu beras Bulog,” ujarnya.

Ia menerangkan, di Desa Pabuaran terdapat 1.509 rumah tangga miskin (RTS). Maka, tiap bulannya desa ini mendapat jatah 22.635 kilogram, dengan kuota per KK 15 kilogram.

Senada, Kepala Desa Pabuaran Atikah mengatakan bahwa selama ini masyarakat Desa Sukamakmur tidak mengetahui raskin. Mereka hanya mengetahui beras Bulog.

Jadi ketika ditanya media, mereka pasti akan menjawab tidak menerima. “Kemarin itu hanya miskomunikasi, karena selama ini warga kami menerima jatah raskin,” ujarnya.(azi/c)