25 radar bogor

Kemah Prestasi Astra Diikuti 200 Siswa 

ANAK BERPRESTASI: Penampilan tari oleh para siswi pada pembukaan Kemah Prestasi yang diselenggarakan Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim di Sigap Training Center, Cileungsi, kemarin.
ANAK BERPRESTASI: Penampilan tari oleh para siswi pada pembukaan Kemah Prestasi yang diselenggarakan Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim di Sigap Training Center, Cileungsi, kemarin.
CILEUNGSI–Berkomitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia dalam membentuk generasi muda yang unggul. PT Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra–Michael D. Ruslim (YPA-MDR) menyelenggarakan Kemah Prestasi YPA-MDR, di Sigap Training Center, Kawasan Industri Menara Permai, Jalan Raya Narogong KM 23,8, Cileungsi Bogor, kemarin (22/11).
Bertemakan Cerdas Bersama YPA-MDR, program ini diikuti oleh sekitar 200 siswa-siswi sekolah binaan YPA-MDR di seluruh Indonesia. Seperti Bogor, Gunungkidul, Bantul, Lampung Selatan, Pacitan, Kutai Barat, Serang, dan Kupang.
Kepada Radar Bogor, Ketua Pengurus YPA-MDR, Herawati Prasetyo menyatakan, Kemah Prestasi YPA-MDR ini merupakan acara puncak dari serangkaian kegiatan program pembinaan, pentas seni dan lomba (PENSIL) 2017.
”Tujuannya, memotivasi generasi muda meraih prestasi serta berkompetisi secara cerdas. Serangkaian kegiatan itu, di antaranya, final lomba gasing, story telling, debat bahasa Inggris, karya ilmiah, serta seni budaya tari,” ujarnya.
Selain itu, kegiatan tersebut juga bertujuan memberikan pendidikan karakter kepada anak-anak sejak dini, guna meningkatkan kepercayaan diri untuk berprestasi serta mampu menghadapi dinamika perubahan di masa depan.
YPA-MDR juga meluncurkan program Sahabat Pena YPA-MDR, sebagai bagian pembelajaran tentang literasi bagi siswa. “Sahabat Pena tahun ini dianugerahkan kepada delapan siswa-siswi binaan pilihan. Untuk selanjutnya, mereka menjadi jurnalis cilik dalam memberitakan setiap kegiatan pembinaan yang diselenggarakan pada masing-masing sekolah,” ucapnya.
Sahabat Pena YPA-MDR 2017 berasal dari beberapa sekolah. Antara lain, SMKN 1 Leuwiliang, SMPN 2 Donorojo, SMKN 2 Gedangsari, SMPN 2 Merbau Mataram, SMPN 4 Pandak, SMPN 4 Leuwiliang, SMKN 2 Donorojo, dan SMPN 2 Gedangsari.
“Melalui Kemah Prestasi ini, YPA-MDR mengajak para generasi muda, khususnya siswa-siswi berprestasi binaan, untuk tidak mengenal lelah mempelajari hal-hal baru yang bermanfaat,” imbuhnya.
Lebih lanjut Herawati menerangkan, aksi nyata YPA-MDR ini diharapkan dapat menciptakan generasi muda yang unggul, cerdas, dan menjadi kebanggaan Indonesia.
Untuk diketahui, YPA-MDR secara khusus didirikan oleh PT Astra International Tbk untuk melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat di bidang pendidikan di daerah prasejahtera. Sesuai dengan butir pertama filosofi Astra, Catur Dharma, yaitu “menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara”.
YPA-MDR memiliki visi untuk menjadi lembaga sosial terkemuka dan kredibel di bidang pendidikan, khususnya di daerah. Supaya, seluruh elemen pendidikan mampu meningkatkan kualitas dari segi akademik, intelektual, dan kompetensi kecakapan hidup, seni budaya, serta memiliki karakter yang didasarkan pada nilai luhur Bangsa Indonesia yang majemuk sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional.(azi/c)