25 radar bogor

Ubah Pola Pikir Pengelolaan Manajemen

IST RAKOR: Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana memberikan paparan kepada ratusan peserta di Pusat Pengembangan ASN BKN, Jalan Pandansari Nomor 32, Exit Toll Jagorawi KM 45, kemarin.

RAKOR: Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana memberikan paparan kepada ratusan peserta di Pusat Pengembangan ASN BKN, Jalan Pandansari Nomor 32, Exit Toll Jagorawi KM 45, kemarin.

CIAWI–Sebanyak 230 pejabat, pimpinan tinggi, juga administrator tingkat pusat, provinsi, dan kota/ kabupaten pada Badan Kepegawaian Negara (BKN), mengikuti rapat koordinasi yang berlangsung di Pusat Pengembangan ASN BKN, Jalan Pandansari Nomor 32, Exit Toll Jagorawi KM 45, kemarin (21/11).

Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan, pe­ngelolaan manajemen sangat penting untuk melahirkan generasi unggul calon pemimpin masa depan.

Bima mengatakan, proses tersebut dapat menciptakan ide dan kreativitas baru yang selama ini terbelenggu regulasi. Jika pemerintah bekerja sama dengan instansi swasta, lanjutnya, bisa membuka pola pikir pemahaman mengenai metode pendidikan dan latihan (diklat).

”Jadi, tidak hanya dilakukan di kelas saja, bisa dengan banyak hal. Seperti praktik kerja, pertukaran pegawai antarnegara, dan on job traning,” ujarnya.

Ia pun menilai pengaruh teknologi dapat mengubah cara dan gaya bekerja. ”Seperti menyederhanakan pelayanan suatu instansi melalui kecanggihan teknologi,” tukasnya.

Dalam kegiatan rakor ini, dilakukan pula penandatanganan perjanjian kerja sama antara pengembangan aparatur sipil negara (ASN) dengan Kementerian ESDM, Kementerian Sosial, dan kepala Badan Pe­ngembangan SDM 50 pemerintah daerah kota/kabupaten di Provinsi Sumatera Barat.(don/c)