25 radar bogor

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Apresiasi Kinerja TNI-Polri

BANGGA: Ketua Kwarnas Pramuka Adhyaksa Dault bersama anggota Pramuka dari Papua.
BANGGA: Ketua Kwarnas Pramuka Adhyaksa Dault bersama anggota Pramuka dari Papua.

CIBUBUR–Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault mengapresiasi upaya aparat TNI dan Polri yang membebaskan 1.300 warga Desa Banti dan Desa Kimbely di Kabupaten Mimika, yang sebelumnya sempat disandera kelompok kriminal bersenjata. Menurutnya, itu prestasi luar biasa karena pembebasan sandera tanpa adanya korban.

“Pramuka seluruh Indonesia mengapresiasi berbagai upaya tanpa kenal lelah yang dilakukan TNI dan Polri tersebut,” ujar Adhyaksa Dault dalam keterangan yang diterima Radar Cibubur, kemarin (21/11).

Adhyaksa melanjutkan, NKRI harga mati dan harus dijaga sampai kapan pun. “NKRI ini nikmat tiada tara. Tidak lengkap rasanya jika sebuah acara nasional tanpa kehadiran salah satu dari provinsi di NKRI, termasuk Papua. NKRI wajib kita wariskan utuh kepada generasi penerus,” ungkapnya.

Ketua umum DPP KNPI Periode 1999-2002 itu juga menjelaskan soal peran Pramuka di dalam negeri. Menurutnya, Pramuka merupakan perekat NKRI dengan berbagai kegiatan lapangan yang mempersatukan generasi muda dari seluruh wilayah.

Dia mencontohkan, pada 2016 pihaknya menggelar Jambore Nasional dengan peserta 25.000 Pramuka usia 11-15 tahun se-Indonesia.

“Sementara, Agustus 2017 lalu, di Cibubur, kami adakan Raimuna Nasional, pesertanya 15.000 Pramuka (usia 16-25 tahun) dari 34 provinsi se-Indonesia. Oktober tahun ini juga kami adakan LT-V yang mempertemukan 528 Pramuka terbaik hasil seleksi ketat dari seluruh Indonesia. Dan, 19-24 November ini, kami adakan Perkemahan Pramuka Putri Tingkat Nasional (Perkempinas) di Balikpapan, Kalimantan Timur,” ujarnya.(dka/b)