Beranda Metropolis

Baznas Bantu Pedagang Kecil Modal Usaha

BANTU PEDAGANG: Baznas Kota Bogor memberikan bantuan modal usaha bago 90 pedagang kecil, kemarin (21/11).

BOGOR–Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bogor tidak hanya peduli pada duafa. Lembaga yang dipimpin oleh Abdul Chotib Malik itu juga peduli pada para pedagang kecil di Kota Hujan. Hal itu ditandai dengan pemberian bantuan modal usaha kepada 90 pedagang kecil melalui program Bogor Berkah Ekonomi Kreatif Baznas, di Pusat Pengembangan Islam Bogor (PPIB), kemarin (21/11).

“Sekarang kami baru bisa memberikan bantuan dari anggaran kami sebanyak Rp280 juta. Nanti tahun depan kami bisa usahakan hampir Rp800 juta,” ujar Chotib kepada Radar Bogor. Saat ini, kata dia, Baznas memiliki sistem baru yang mengharuskan setiap pengurus dituntut bisa mengentaskan satu persen masyarakat kategori tidak mampu.

“Kami juga sedang menyiapkan diri untuk punya kampung zakat,” beber Chotib. Sementara itu, Wali Kota Bima Arya yang menyerahkan simbolis bantuan Baznas mengatakan, APBD Kota Bogor sebesar Rp2,3 triliun itu terbatas dan anggaran tersebut untuk biaya pembangunan, program pengentasan kemiskinan, pembinaan, pelatihan dan program lainnya untuk kembali dirasakan masyarakat.

“Pemerintah tidak bisa sendiri tetapi harus menggandeng dan bekerja sama dengan semua pihak, salah satunya dengan Baznas,” kata Bima. Bima menyebutkan, potensi penerimaan zakat itu luar biasa dan jika dimaksimalkan, banyak sekali yang bisa dikucurkan untuk warga yang membutuhkan.(ran/c)

Baca Juga