Beranda Berita Utama

Tinggalkan Uang Donasi untuk Keluarga

BERBAGI
FOTO : FEDRIK TARIGAN/ JAWA POS DUKA: Suasana kediaman artis Laela Sari di Tangkiwood, Jakarta, Senin (20/11) malam. Laela Sari meninggal usai pulang syuting.

JAKARTA–Kabar duka kem bali datang dari dunia hiburan. Aktris komedi senior Hj. Laela Sari mengembuskan napas terakhir tadi malam (20/11) di kediamannya di kawasan Tangki, Jakarta Barat. Laela meninggal dalam usia 82 tahun.

“Mamah nggak ada sakit apaapa, mungkin memang karena sudah sepuh,” ujar Mayasari Iskandar Putri, anak Laela, tadi malam. Laela berpulang ketika salah satu program NET TV, Ini Talkshow, berhasil menggalang dana untuk membantu kondisi ekonomi keluarga Laela.

Sejak 17 November lalu, Ini Talkshow mengajak penonton dan warganet untuk memberi donasi kepada Laela lewat situs Kitabisa.com. Total dana yang terkumpul adalah Rp148.591.457 dari 761 penyumbang. Pihak Ini Talkshow lantas memberikan uang tersebut dengan cara dicicil. “Sabtu kemarin (18/11), sama Ini Talkshow dikasih sebagian, katanya buat beli beras sama keperluan bulanan,” kata Maya.

Dia mengungkapkan bahwa Laela sempat ingin menggunakan uang hasil donasi untuk memberi beberapa perabotan rumah tangga untuk mengisi rumah mereka yang sangat sederhana. Lantas, kemarin pukul 14.00, Laela bermaksud mengambil uang lagi ke pihak Ini Talkshow sekaligus syuting. Jam 17.00, Laela pun kembali. Namun, kondisi tubuhnya melemas dan mengeluh sakit perut.

“Mamah bilang pas di sana beliau nggak mau makan. Udah bawa bekal pun nggak dimakan sama beliau,” kata Maya. Kue yang dibawa pulang Laela pun dia berikan ke cucu-cucunya alih-alih dimakan sendiri. Tiba-tiba, sekitar pukul 18.00, Laela sesak napas. Menurut Maya, Laela memang punya riwayat asma yang sudah lama tidak kambuh. Dia langsung memanggil tetangganya untuk menenangkan Laela.

“Kami angkat ke ruang tengah. Mamah sudah nggak bisa ngomong apa-apa lagi,” kata Maya. Pukul 19.50 WIB, Laela pun berpulang. Kepada Maya, Laela sempat berpesan agar dirinya bisa kuat menjaga keluarga. Rencananya, jenazah akan dimakamkan siang ini (21/11) seusai Zuhur di TPU Karet Bivak.

Laela akan dikebumikan dekat mendiang suaminya, M. Iskandar. “Supaya mereka bisa bareng terus,” kata Maya. Lantas, sisa uang donasi yang belum diserahkan akan digunakan Maya untuk mem biayai acara pasca wafatnya Laela. Misalnya 7 hari, 40 hari, dan 100 hari setelah Laela berpulang.

“Sisanya buat ditabung, kalaukalau nanti keluarga ada perlu. Rencananya juga saya mau buka warung di depan rumah,” kata Maya.(len)

Baca Juga