Beranda Pendidikan

SMAN 4 Cibinong Adakan KMD Mandiri 2017

BERBAGI

CIBINONG–SMAN 4 Cibinong melakukan kegiatan Kursus Mahir Dasar (KMD) Mandiri 2017 yang dilaksanakan di ge­dung sekolah SMAN 4 Cibinong pada 18, 19, 25 dan 26 November, kemudian dilanjutkan lagi 2-3 Desember mendatang.

Kepala SMAN 4 Cibinong, Hj. Elis Nurhayati memaparkan, kegiatan ini dilaksanakan guna menjawab Permendikbud RI No 63 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai Ekstrakurikuler Wajib bagi Pendidikan Dasar dan Menengah. “Serta terdapat juga pada Pasal 7 ayat 2 yang berbunyi: pembina Pramuka adalah guru kelas/guru mata pelajaran yang telah memperoleh sertifikat paling rendah Kursus Mahir Dasar,” tutur Elis.

Elis berharap, kegiatan KMD ini dapat membantu program kerja Kwarran Cibinomg dan Kwarcab Kabupaten Bogor. “Melalui salah satu Sapta Bakti untuk menyesuaikan rasio antara pembina peserta didik, yaitu satu berbanding 20″ paparnya.

Kegiatan juga dihadir Ketua Kwartir Ranting Cibinong Andri Rahman dan Kepala BP3 wilayah 1 Herry Pansila. Sementara, peserta kegiatan adalah guru kelas dan mata pelajaran SMA Negeri 4 Cibinong sebanyak 48 peserta. Terdiri dari 11 guru PNS dan 37 guru non-PNS, dengan komposisi 14 peserta putra dan 34 peserta putri.

Menurut Elis, Kurikulum KMD kali ini adalah kurikulum terbaru yang dikeluarkan Pusdilatda Jawa Barat yang berjumlah 62 jam pelajaran meliputi orientasi, penguatan, pembahasan, dan pengukuhan.

“Tim pelatih KMD ini adalah anggota Korps Pelatih Pusdiklatcab Bhinaya Bakti Kwarcab. KMD dibuka oleh Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Bogor, H. Didi Kurnia,” katanya.

Elis berharap Kwarcab Kabupaten Bogor berkenan memberi kesempatan kepada guru-guru di SMAN 4 Cibinong untuk ikut serta menempuh tahapan sebagai calon gugus depan terakreditasi.

“Perlu diketahui juga di SMAN 4 Cibinong setiap tahun mendaftar dan lolos seleksi Pramuka Garuda Penegak dan kegiatan-kegiatan Penegak lainnya. Pengadaan KMD secara mandiri ini merupakan poin yang cukup penting dalam penilaian akreditasi gugus depan,” imbuhnya.(cr1/c)

Komentar Anda

Baca Juga