25 radar bogor

Pemkot Pertimbangkan Kelola Parkir via Aplikasi

BOGOR–Mengatasi semrawutnya perparkiran di Kota Bogor memang bukan hal mudah. Butuh terobosan untuk mengubahnya menjadi tertata. Sebuah gagasan untuk menata parkir via aplikasi pun mencuat di ruangan Balaikota Bogor, kemarin (20/11).

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor Rakhmawati bersama Wali Kota Bogor Bima Arya mendapat penawaran tersebut dari pihak ketiga penyedia aplikasi.

Meski belum disetujui, tapi menurut Rakhma, pengaturan seperti ini memang dibutuhkan di masa mendatang. “Kita mempelajari dulu gimana aturan mainnya, melanggar atau tidak,” jelasnya kepada Radar Bogor usai menerima paparan dari pengembang aplikasi.

Metodenya, setiap juru parkir akan dibekali aplikasi tersebut, kemudian digunakan untuk mengambil foto kendaraan. Melalui aplikasi, data-data mengenai tanda nomor kendaran bermotor (TNKB) dan lamanya kendaraan terparkir akan dicatat secara akurat. “Langsung di-print, ada alatnya. Jadi, semacam karcis parkir. Nanti mulai dari pelat nomor dan waktu parkirnya ketahuan,” terangnya.

Ide tersebut memang dianggapnya cemerlang. Melalui teknologi, kesemrawutan sedikit demi sedikit bisa diatasi. Namun, pemkot tetap akan mempertimbangkan terlebih dahulu terkait keuntungannya. Sebab, menurutnya, apalah artinya kegunaan teknologi jika tidak mendatangkan keuntungan. “Kita belum bilang iya dan tidak. Kira-kira dengan menggunakan itu (aplikasi) target kita tercapai atau tidak,” tutupnya.(rp1/c)