Beranda Olahraga Arena

Dimitrov Ukir Sejarah

BERBAGI
SUKSES: Grigor Dimitrov mengukir sejarah di ATP World Tour Finals

AUSTRALIA–Petenis asal Bulgaria, Grigor Dimitrov mengukir sejarah di ATP World Tour Finals atau yang biasa disingkat ATP Finals. Dimitrov untuk pertama kali tampil di ATP Finals tahun ini dan langsung meraih gelar juara.

Dimitrov menjadi petenis pertama dalam 19 tahun terakhir yang langsung juara pada debutnya di ATP Finals. Dia mengikuti jejak petenis asal Spanyol, Alex Corretja yang juara dalam debutya di ATP Finals pada 1998 silam. Corretja kala itu mengalahkan sesama petenis Spanyol, Carlos Moya.

Dimitrov yang berumur 26 tahun, juga menjadi petenis Bulgaria pertama yang berhasil menjuarai ATP Finals. Keberhasilan Dimitrov juara pada tahun ini membuat dalam dua tahun terakhir juara selalu berbeda. Tahun lalu juara diraih petenis Inggris, Andy Murray. Sebelumnya sejak 2012 sampai 2015, juara selalu diraih Novak Djokovic (Serbia).

Pada laga final, Dimitrov berhasil menundukkan petenis asal Belgia, David Goffin. Menang pada set pertama dengan 7-5, Dimitrov kalah di set kedua dengan 4-6. Pada set penentuan, Dimitrov mampu menang dengan 6-3.

Berkat kemenangan itu, Dimitrov makin menegaskan dominasi atas Goffin. Dari sembilan pertemuan, Dimitrov mampu menang delapan kali, sedangkan Goffin hanya mampu menang sekali. “Saya masih mencoba untuk memahami apa yang telah saya raih. Saya seolah tak percaya dengan keberhasilan ini,” sebut Dimitrov seperti dilansir BBC.

Sementara itu, Goffin menerima kekalahan dari Dimitrov. Dia pun kini memilih fokus untuk membantu Belgia dalam final Davis Cup melawan Prancis pada pekan depan. Goffin berharap bisa membawa Belgia juara sebagai obat pelipur lara.(epr/bbc/jpc)

Baca Juga