Beranda Berita Utama

Check-in Pesawat Bisa lewat Handphone

BERBAGI

JAKARTA–PT Angkasa Pura II terus melakukan inovasi dalam pelayanan. Kini pelang gan bisa dimanjakan dengan mobile check-in di aplikasi mobile Indonesia Airports. Untuk tahap awal, pelayanan ini hanya bisa diterapkan untuk maskapai Garuda Indonesia yang berangkat dari Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan jika langkah ini bisa dilakukan mulai 19 November. ”Baru dengan Garuda Indonesia dan pada awal tahun 2018 mayoritas penumpang airline lainnya juga akan dapat menggunakan fasilitas mobile check-in di platform aplikasi Indonesia Airports AP II,” katanya.

Dia optimistis kebijakan baru ini akan mengurangi antrian di check-in counter. Yang juga berdampak kepada semakin mudah dan cepatnya proses keberangkatan bagi penumpang. ”Sehingga dapat berdampak juga pada on time performance bandara maupun maskapai,” ujarnya.

Senior VP of Corporate Secretary PT AP 2 Agus Haryadi menambahkan jika sebelumnya PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta telah menyediakan self check-in kiosk di Terminal 3 Keberangkatan.

Dengan self check-in penumpang bisa memilih dengan cara apa melakukan proses check-in-nya. ”AP II juga menyiagakan personel bandara yang siap memberikan bantuan atau asistensi terkait dengan proses check-in melalui Mobile Apps Indonesia Airports tersebut,” tuturnya.

Langkah yang dilakukan AP II ini dalam rangka mewujudkan program Smart Airport. Selain implementasi smart airport pada proses pre journey, AP II juga telah mengimplementasikan beberapa konsep smart airport untuk proses on journey dan juga post journey. Semua dapat dilakukan melalui aplikasi Indonesia Airports.

”Penumpang dapat melihat detail penerbangan mereka berikut di mana gate keberangkatannya,” kata Agus. Manfaat lain dari Smart Airports adalah penumpang dapat mem-book tiket taksi serta dapat melihat jadwal bus, skytrain, shuttle bus, hingga memesan layanan parkir inap. ”Ke depannya jadwal layanan kereta bandara juga akan menjadi fitur yang ada pada aplikasi Indonesia Airports,” ujarnya.(lyn)

Baca Juga