Beranda Metropolis

Unpak Gali Potensi di Semarak PGSD

BOGOR–Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Pakuan ingin mendekatkan diri dengan para siswa tingkat sekolah dasar (SD). Maka itu, mereka mengajak ratusan SD di kota maupun Kabupaten Bogor mengikuti Semarak PGSD, yang diisi dengan berbagai lomba, sejak Jumat (17/11) hingga Sabtu (25/11) mendatang.

Ketua panitia Siti Maulida Akhsan mengatakan, selain para siswa beserta guru SD di Bogor Raya, sasaran Semarak PGSD adalah mahasiswa Unpak. “Khu­susnya jurusan PGSD semua angkatan,” kata wanita yang disapa Linda itu.

Beberapa lomba diselenggarakan, seperti lomba kreativitas doodle, badminton, futsal, dongeng, sajak Sunda, dan tari jaipong. Tujuan­nya, kata Siti, untuk mengasah kemampuan para mahasiswa dan pelajar SD dan menggali potensi mereka yang bisa dikembangkan.

Linda mengatakan bahwa untuk para guru, mereka mengadakan seminar pendidikan. Sejumlah narasumber hadir, yakni Dewan Pertimbangan Federasi Serikat Guru Indonesia sekaligus pakar pendidikan, Itje Chodidjah, perwakilan Dinas Pendidikan Kota Bogor Arni Suhaerani, dan artis Dik Doank.

Dalam tema Meningkatkan Pendidikan Karakter Menuju Perkembangan Potensi Manusia Indonesia yang Berkualitas, Itje menyampaikan pendidikan karakter bagi anak usia dini sangat penting, karena sebuah karakter yang dipupuk sejak dini akan selalu tertanam hingga ia dewasa.

Selain seminar, nantinya semarak ini akan ditutup dengan ajang kreativitas mahasiswa dan semua peserta yang ikut serta. Mereka akan tampil menunjukkan kebole­hannya saat penutupan Sabtu mendatang. “Penutupan kami kemas dengan kreativitas dalam bidang seni,” tutupnya.(ran/c)

Baca Juga