Beranda Pendidikan

Serunya Ajang D’COOKIS SMAN 2 Bogor, Tingkatkan Sains dan Teknologi

ADU TANGKAS: Para siswa saat lomba cepat tepat.

Sains dan teknologi merupakan dua hal yang dapat mengubah dunia menjadi lebih baik jika diaplikasikan dengan baik. Pengenalan pun dilakukan SMAN 2 Bogor melalui acara D’COOKIS (D’Creation of KIR IPA SMANDA), Sabtu (18/11).

Ajang perlombaan berkaitan dengan sains dan teknologi ini diikuti siswa SMP negeri maupun swasta se- Bogor Raya. Ketua pelaksana yang merupakan guru biologi SMAN 2 Bogor, Tati Prihartati mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan untuk memperluas wawasan sains dan teknologi siswa tingkat SMP melalui kompetisi yang menyenangkan.

Terdapat tiga lomba yang diadakan dalam acara ini, yaitu lomba cepat tepat (LCT), lomba eksperimen, dan lomba poster. Dia menambahkan, pada lomba cepat tepat, materi yang diujikan adalah soal-soal IPA berdasarkan kurikulum saat ini. “Kemudian untuk eksperimen, mereka mengumpulkan makalah dan mempresentasikannya di hadapan juri. Sedangkan poster ditentukan temanya oleh panitia, yaitu dengan sains dan teknologi kita dapat mengenal dunia lebih luas,” jelasnya.

Sebanyak 15 SMP se-Bogor Raya mengikuti lomba ini. Tati menyebutkan, 19 tim mengikuti LCT, 9 tim mengikuti lomba eksperimen, dan 20 tim mengikuti lomba poster. “Mereka semua dinilai oleh tim juri yang kami undang dari LIPI Puslitbang Kota Bogor,” tukasnya.

Kegiatan D’COOKIS ini yang ke-10 kalinya diadakan. “Harapan ke depan, karena ini event Kota Bogor, sehingga terus mendapatkan dukungan dari SMP di Bogor,” kata Tati.

Juara lomba ini mendapatkan piala, sertifikat, dan uang pembinaan. “Juara 1 juga dapat akses masuk ke SMAN 2 Bogor melalui jalur prestasi,” bebernya.(cr1/c)

Baca Juga