Beranda Politik

PAN Rayu Gerindra Masuk Koalisi PDIP Makin Pede

BERBAGI
KOMPAK: Pengurus PAN mendatangi DPC Gerindra Kota Bogor menjajaki koalisi Pilkada 2018.

BOGOR–Mulai bermun­culan­nya bakal calon potensial, mem­buat PAN tak bisa terus bersantai. Kendati memiliki Bima Arya, yang kini masih menjabat Wali Kota Bogor, tak menjamin bisa menang lagi jika tak ada koalisi terbaik.

Akhir pekan kemarin, rom­bongan DPD PAN pun menda­tangi kantor DPC Gerindra Kota Bogor. Pertemuan perdana PAN secara kelembagaan tersebut, dihadiri para pimpinan dan pengurus partai.

“Istilahnya, harus diperkuat terus. Apalagi salah satu kader Gerindra mengikuti mekanisme di PAN, jadi ini sebuah peng­hormatan,” ujar Ketua DPD PAN Kota Bogor, Safrudin Bima kepada Radar Bogor.

Saat ini, kata dia, proses penjaringan yang dilakukan DPD PAN Kota Bogor akan memasuki tahapan survei. Ia menjelaskan, pertemuan tersebut sebagai pe­nguatan dari segala lini. “Sekarang lebih fokus kepada urusan pilkada,” ujar dia.

Safrudin mengatakan, ada penguatan komunikasi politik berlanjut hingga tahapan selanjutnya. Terkait peluang pasangan Bima-Sopian, menurut dia, masih dalam proses. “Minggu depan kami survei, banyak hal yang harus dilakukan dalam konteks ini,” tuturnya.

Menurutnya, apa yang dilaku­kan­nya dengan Gerindra saat ini bagian ikhtiar yang diharapkan dapat bermuara ke 2018. Menge­nai kunjungan Bima Arya ke partai politik, sama-sama menjadi bagian dari upaya untuk pengua­tan komunikasi politik di Pilwalkot Bogor.

“Sebagai pembina politik, tentu berkepentingan membangun sinergisitas dan efektivitas komunikasi dengan partai, apa yang dilakukan PAN juga dampak positifnya ada,” teranganya.

Ia menambahkan, komunikasi politik yang dilakukannya tersebut akan dilaporkan kembali ke Komite Pemenangan Pemilu Daerah (KPPD) DPD PAN. Sementara itu, Ketua DPC Gerin­dra Kota Bogor, Sopian Ali Agam mengungkapkan, pertemuan bagian ikhtiar menuju Pilkada 2018.

Selain itu, Partai Gerindra juga berharap dapat membangun komunikasi yang lebih jauh untuk kepentingan Pilpres 2019. “Saya lihat Prabowo dekat juga dengan Amien Rais (mantan ketua umum PAN, red), kemungkinan Jawa Barat sama, tinggal kemungkinan ber­tam­bah Demokrat saja,” ujar dia.

Dengan penguatan tersebut, Gerindra menyatakan kesiapannya meneruskan kepemim­pinan Wali Kota Bogor, Bima Arya. “Kemung­kinan akan ada arahan ketum (Prabowo Subianto) untuk persiapan pilkada di Jawa Barat,” katanya. Sementara itu, pemilik kursi terbanyak di DPRD, PDI Perjua­ngan makin dekat dengan Wali Kota Bogor Bima Arya.

Dikabar­kan politisi PAN itu bahkan sudah memberikan sinyal positif. “Yang pasti sudah banyak kecocokan,” ujar Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Bogor, Dadang Iskandar Danu­brata kepada Radar Bogor, kemarin.Mengenai deklarasi, pria yang juga bakal calon wali kota itu mengaku belum bisa memasti­kan hal tersebut karena masih menunggu kepu­tusan dari DPP.(ded/c)

Baca Juga