25 radar bogor

Andalkan Alat Berat Sewaan

CIBINONG–Sampah yang menumpuk di Kabupaten Bogor selama sepekan terakhir, terutama di sekitar Kecamatan Cibinong, berangsur normal. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor telah me­nyewa dua bulldozer dan satu unit eskavator untuk pengang­kutan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Galuga.

Sehingga, kini sudah ada empat alat berat dengan bantuan satu unit eskavator milik Dinas Perika­nan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Bogor.

Kabid Penge­lolaan Sampah pada DLH Kabu­paten Bogor, Atis Tardiana me­ngung­kapkan, saat ini petugas kebersihan harus bekerja lembur menormalisasi sam­pah yang ada di tiap-tiap tempat pem­buangan sementara (TPS).

Hal itu dilakukan untuk me­ngurangi tumpukan sampah. “Di Galuga sudah normal karena alat berat cukup, tinggal sampah yang ada di masyarakat saja karena hampir sepekan tidak terangkut,” ujarnya kepada Radar Bogor, kemarin (19/11).

Alat berat tersebut, kata dia, di­sewa dari pihak ketiga sejak Rabu (15/11) hingga Jumat (29/12). Setelah itu, pihaknya akan me­lakukan tender lagi sekitar perte­ngahan Desember untuk penye­waan alat berat di 2018.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk pengadaan kendaraan baru, dananya tidak mencukupi. Sementara, alat yang dimiliki Pemkab Bogor sedang diperbaiki karena rusak berat karena sudah tua. “Kalau mengandalkan alat yang sudah tua, otomatis kualitasnya menu­run dan kalau rusak kan tambah masa­lah lagi,” tuturnya.

Meski telah berangsur normal, Atis berharap masyarakat tetap bisa mengurangi sampah yang dibuang ke TPS untuk dibawa ke TPA. “Ka­rena kalau tidak, keadaannya bisa kayak kemarin,” pungkasnya.(rp2/c)