Beranda Nasional

Kawinkan Pariwisata dengan Teknologi Digital

MATARAM–Pengembangan potensi pariwisata diharapkan tidak terlalu bergantung pada pemerintah pusat. Menkominfo Rudiantara mengingatkan bahwa pemda bisa langsung bekerja mengembangkan pariwi­sata tanpa harus menung­gu pemerintah pusat. Salah satunya bisa dilakukan dengan mengandalkan teknologi.

Hal itu disampaikan Rudiantara dalam diskusi Manajemen Komunikasi Pemerintah di Mataram, NTB, kemarin. Saat ini, tingkat konsumsi pariwisata cenderung meningkat. Tugas pemerintah adalah menangkap hal tersebut sebagai peluang untuk menggerakkan roda ekonomi. ’’Tugas kita sekarang adalah mengawinkan pariwisata dengan teknologi digital,’’ terangnya.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah memperkenalkan produk-produk pariwisata daerah lewat sarana digital. Secara nasional, Kemenpar saat ini sedang menempuh cara tersebut. Rudi mendorong agar pemda juga mengikuti, karena tidak mungkin seluruh potensi pariwisata di daerah bisa ditangkap 100 persen oleh Kemenpar.

Ketika Kemenpar sudah memiliki programnya, maka tugas Kemenkominfo adalah menyediakan dukungan. inftrastruktur teknologi harus tersedia di setiap lokasi pengem­bangan wisata. ’’Sekalipun ka­mar hotelnya sederhana, saya ingin memastikan internetnya kenceng,’’ lanjut Rudi. Akses internet yang baik akan memudahkan wisatawan selama berada di lokasi wisata.

Contoh lainnya adalah mengembangkan pariwisata dalam bentuk bisanis start up. Rudi memastikan pemerintah memberikan dukungan penuh bagi anak-anak muda yang hendak mengembangkan start up. Salah satunya, memangkas regulasi.(jp)

Baca Juga