Beranda Olahraga Kickers

Arsenal 2-0 Tottenham, Akhiri Paceklik

BERBAGI

Puasa kemenangan Arsenal atas Totten­ham Hotspur dalam enam laga terakhir di Premier League berakhir sudah. Arsenal mengakhiri paceklik dalam laga bertajuk Derby London Utara melalui kemenangan 2-0 di Stadion Emirates, kemarin (18/11).

Sebelum ini, Arsenal memang tidak pernah menang dalam enam laga terakhir Premier League melawan Tottenham. Mereka cuma meraih dua kali imbang dan empat kali menelan kekalahan.

Namun, tanda-tanda The Gunners bakal sanggup menuntaskan puasa kemenangan terlama di Derby London Utara sudah tampak melalui tren kemenangan dalam 10 laga kandang terakhir di Premier League. Selain itu, mereka juga mengantongi modal selalu mencetak minimal dua gol dalam delapan laga kandang terakhir di kasta teratas Liga Inggris.

Dengan modal itu, pasukan Arsene Wenger tampil penuh percaya diri. Tekanan tinggi yang diperagakan Tottenham tak membuat tuan rumah mati kutu. Mereka justru bermain sabar untuk mencari celah menghukum lawannya dengan serangan cepat yang dimotori Alexis Sanchez dan Mesut Oezil.

Benar saja. Pada menit ke-36, serangan Arsenal yang dibangun Sanchez membuat pemain Tottenham, Davinson Sanchez, melakukan pelanggaran di daerah pertahanan sendiri. Berawal dari sekam tendangan bebas yang dieksekusi Ozil, Shkodran Mustafi menanduk bola ke pojok gawang tanpa bisa dijangkau kiper Tottenham, Hugo Lloris.

Saat Tottenham masih terpukul dengan gol itu, Arsenal kembali menyengat. Pada menit ke-41, giliran Sanchez yang mengonversi umpan silang Alexandre Lacazette menjadi gol dari jarak dekat. The Gunners menutup babak pertama dengan keunggulan 2-0 atas Tottenham.

Selepas jeda, Tottenham coba lebih meningkatkan tempo serangan. Sementara itu, Arsenal tak mengubah taktik dengan sesekali melan­carkan serangan balik cepat yang mem­buat lini belakang tim tamu kerepotan.

Akan tetapi, beberapa peluang yang diciptakan kedua tim tak ada satu pun ber­bu­ah gol. Babak kedua berjalan dengan hampa gol sehingga Arsenal berhasil mengamankan kemenangan 2-0 sampai wasit Mike Dean meniup peluit akhir laga.

Donasi tiga angka dari kemenangan ini membawa Arsenal untuk sementara menempati peringkat kelima klasemen Premier League dengan koleksi 22 poin dari 12 laga. Sementara, Tottenham tetap di urutan ketiga dengan 23 poin, tapi riskan disalip Chelsea yang berselisih satu angka dan baru tampil 11 kali.

Arsenal juga berhasil melanjutkan tren keme­nangan kandang mereka di Premier League menjadi 11 laga beruntun. Ini meru­pakan tren terbaik mereka sejak 13 kemenangan beruntun di Highbury antara Februari sampai November 2005.(ira/jpc)

Baca Juga