25 radar bogor

Preview AS Roma vs SS Lazio: Derby Papan Atas

Gelandan SS Lazio, Keita Balde dikawal ketat bek AS Roma Kostas Manolas dalam laga musim lalu (Zimbio)
Gelandang SS Lazio, Keita Balde dikawal ketat bek AS Roma Kostas Manolas dalam laga musim lalu (Zimbio)

ROMA–Derby della Capitale antara AS Roma melawan Lazio akan tersaji di giornata 13 Serie A 2017/18, Minggu (19/11). Untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun terakhir, dua tim asal ibu kota ini akan bentrok dengan kekuatan seimbang sambil menatap papan atas.

Roma menempati peringkat lima klasemen sementara, tepat satu tingkat di bawah sang rival sekota. Hanya satu poin yang memisahkan mereka. Selain itu, dua tim ini juga sama-sama mengan­tongi tabungan satu laga.

Di antara tim-tim penghuni lima besar, produktivitas gol Roma adalah yang paling rendah. Namun Roma punya rekor pertahanan terbaik, hanya kebobolan tujuh dalam 11 pertandingan.
Pelatih Eusebio Di Francesco telah mem­buat Roma jadi tim dengan pertah­anan yang tak mudah diruntuhkan. Alek­sandar Kolarov, yang merupakan man­tan pemain Lazio, adalah salah satu andalannya di barisan belakang. Tak kalah penting, pada saat yang sama dia juga memastikan timnya punya kualitas untuk mengoyak gawang lawan.

Potensi absennya gelandang Radja Nainggolan karena cedera saat ’bertugas’ bersama timnas Belgia memang cukup mengganggu persiapan Giallorossi. Jika tak bisa fit tepat waktu untuk derby, posisinya kemungkinan bakal di tempati oleh Lorenzo Pellegrini.

Untuk lini depan, Edin Dzeko memang belum setajam musim sebelumnya. Namun bomber utama Roma tersebut sudah mengemas tujuh gol dan dua assist di Serie A.
Kubu Lazio tak kalah im­presif. Pelatih Simone Inzaghi telah menyulap Lazio jadi tim yang patut diperhitungkan musim ini. Kemenangan atas Juventus untuk mengakhiri rekor fantastis Bianconeri di Turin adalah salah satu bukti.

Lazio sendiri selalu menang dalam sembilan laga terakhirnya di Serie A dan Liga Europa. Pilar utamanya tentu saja striker Ciro Immobile, yang sejauh ini telah mencetak total 18 gol dalam 15 penampilan di semua ajang.

Jadwal Roma berikutnya adalah partai tandang melawan Atletico Madrid di Liga Champions tengah pekan. Sementara itu, Lazio akan main kandang lawan Vitesse di Liga Europa.(rur/net)