Beranda Olahraga Arena

Hari Ini Bendera TdS Diangkat

BERBAGI
Peserta Tour de Singkarak melewatai salah satu ikon Kota Padang

PADANG– Penyelenggaraan ajang sportourism Tour de Singkarak 2017 tinggal menunggu hitungan jam. Bendera start ajang balap sepeda terbesar di Indonesia itu akan diangkat hari ini (18/11).

Tercatat, 20 tim dari 30 negara akan berpacu melewati sembilan etape dengan total jarak 1.097 kilometer. Hadiah totalnya adalah Rp3 miliar.

Mengangkat tema The Biggest Sport Tourism, Tour de Singkarak 2017 akan dimulai dari Kota Batusangkar di Kabupaten Tanah Datar. Sedangkan garis finis di Kota Bukittinggi. Levelnya pun masih berstandar global. Di kalender Union Cycling International (UCI), TdS masuk pada kategori Asia Tour 2.2.

Pengakuan ini bukan tanpa sebab. Sejak 2013, Amauri Sport Organization (ASO) merekomendasi TdS menjadi kejuaraan mayor di Asia karena mampu menyedot lebih dari satu juta penonton. Ranking TdS dari sisi jumlah penonton langsung naik ke peringkat 5.

Angkanya hanya bisa dikalahkan Tour de France (12 juta penonton), Giro deItalia (8 juta), Vuelta a Espana (5 juta), Santos Tour Down Under (750 ribu). Sedangkan  TdS ditonton 550 ribu orang.

Walaupun para peserta Tour de Singkarak 2017 melewati rute yang sangat panjang dengan total jarak 1.097 km, namun selama balapan berlangsung, mereka akan disuguhi oleh pemandangan alam Sumatera Barat nan memesona. Sebab, para pembalap akan melewati bukit, jurang, danau, lembah, air terjun dan hamparan sawah nan indah.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya menyebut  TdS menjadi sarana efektif mempromosikan pariwisata di Provinsi Sumatera Barat. “Sejak penyelenggaraan TdS pertama 2009 kini bermunculan destinasi wisata baru di Sumbar yang dikenal masyarakat luas. Selain itu, penyelenggaraan event sport tourism memberikan dampak langsung pada ekonomi masyarakat serta media value yang tinggi,” ujarnya.

Menteri asal Banyuwangi itu menuturkan, TdS yang menyusuri alam Minangkabau yang memiliki beraneka ragam objek wisata alam (nature) dan budaya (culture) tidak hanya mengenalkan destinasi Danau Singkarak semata.

“Juga destinasi lainnya menjadi lebih dikenal masyarakat, di antaranya Lembah Harau, Kelok 9, Istana Pagaruyuang, Pantai Gandoriah, Pantai Padang, serta Pantai Tiram dan banyak lagi,” tambah Arief Yahya.(jpnn)

Komentar Anda

Baca Juga