Beranda Metropolis

Tanggul Penahan Tanah Jebol

HANCUR: Tanggul penahan tanah di Kelurahan Bantarjati ambruk setelah hujan lebat, kemarin (16/11).

BOGOR–Hujan lebat yang mengguyur beberapa wilayah di Kota Bogor, kemarin (16/11), membuat sejumlah wilayah tertimpa bencana. Salah satunya, longsor yang terjadi di lokasi proyek pembangunan tanggul penahan tanah (TPT) di pinggiran Kali Cibagolo yang merupakan anak Sungai Ciliwung di Kampung Kalibata, Kelurahan Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara.

“Kejadian tersebut dikarenakan TPT yang sedang dalam proses pengerjaan tidak kuat menahan debit air hujan, sehingga sebagian materialnya runtuh ke Kali Cibagolo,” jelas Kapolsek Bogor Utara, Kompol Ahmad Sofwan.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Hanya saja, mengakibatkan kerugian materi yang masih bisa ditanggung oleh CV Langgeng Mulyo selaku pelaksana proyek. Ahmad menuturkan, upaya yang dilakukan adalah pengangkatan material yang menutup aliran sungai. “Pengang katan material harus dipercepat karena akan mengganggu aliran air,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor Gandjar Gunawan menuturkan, untuk penanggulangan permanen harus diperbaiki dan dibangun kembali. Pihaknya masih akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan penanggung jawab proyek agar segera diperbaiki.

“Kalau untuk pember sihan puing akan dilakukan besok (hari ini, red). Yang penting dari apakah ini (longsor) akan membahayakan warga atau tidak,” ucapnya. (cr6/c)

Baca Juga