25 radar bogor

Pentingnya Kesehatan bagi Prajurit

(Pen Ats) SEMINAR: Komandan Lanud ATS, Marsma TNI Irwan Is. Dunggio beserta para pejabat dan Perwira Lanud Atang Sendjaja saat menerima ceramah kesehatan di ruang briefing Baseops Lanud Atang Sendjaja.

SEMINAR: Komandan Lanud ATS, Marsma TNI Irwan Is. Dunggio beserta para pejabat dan Perwira Lanud Atang Sendjaja saat menerima ceramah kesehatan di ruang briefing Baseops Lanud Atang Sendjaja. (dok.ATS)

KEMANG–Semakin mudahnya anggota terserangan penyakit yang berakibat terganggunya pelaksaan tugas, pencegahan dini merupakan langkah yang sangat tepat untuk dilakukan.

Bertempat di ruang briefing Baseops Lanud Atang Sendjaja (ATS), dilaksanakan kegiatan safety meeting pada Rabu (15/11). Kali ini diisi dengan ceramah kesehatan dari tim kesehatan RS dr. Esnawan Antariksa Jakarta, Letkol Kes dr. Miftahul dan Mayor Kes dr. Endah Wiranti.

Dalam paparannya, Miftahul menyampaikan materi tentang pola hidup sehat. Ia mengatakan, banyak penyakit bersumber dari pola hidup yang buruk dari diri sendiri. Hal itu dapat terbentuk dari aktivitas sehari-hari yang terulang dan menjadi kebiasaan.

“Sangat penting bagi kita untuk menjaga agar kebiasaan kita sehari-hari dapat menjadi rangkaian pola hidup sehat,” ujarnya.

Sementara itu, Mayor Kes dr. Endah Wiranti me­nyampaikan tentang hipoksia, yaitu berkurangnya suplai oksigen di dalam tubuh untuk menjalankan fungsi normalnya. Hipoksia ini merupakan kondisi yang cukup berbahaya terutama pada organ otak, hati, dan organ tubuh lainnya sehingga bisa menjadi rusak dengan cepat ketika tidak cukup mendapatkan oksigen. ”Setiap orang dapat mengalami hipoksia. Oleh karena itu kalau terjadi pada kita, segeralah berkonsultasi kepada dokter dan dapat ditangani dengan baik” ungkapnya.

Sementara itu, Danlanud ATS Marsma TNI Irwan Is. Dunggio mengatakan, jangan sampai faktor kesehatan terabaikan oleh rutinitas sehari-hari.

”Jagalah asupan makanan yang berkalori tinggi, dan berolahraga secara teratur sehingga hidup akan selalu sehat,” tukasnya.(all/a)