25 radar bogor

Paten Mulai Layani Warga

Doni/Radar Bogor MELAYANI: Warga menerima KTP-el yang diantar petugas Kecamatan Megamendung melalui aplikasi Paten.

MELAYANI: Warga menerima KTP-el yang diantar petugas Kecamatan Megamendung melalui aplikasi Paten. (Doni/Radar Bogor)

MEGAMENDUNG–Warga Kecamatan Megamendung kini tak harus menungu berminggu-minggu untuk mendapatkan tanda tangan camat terkait kebutuhan administrasi kepemerintahan. Cukup memesan layanan melalui ponsel, petugas segera melakukan antar-jemput kebutuhan warga.

Aplikasi online Pelayanan Administrasi Terpadu Keca­matan (Paten) ini, disambut baik masyarakat Kecamatan Megamendung. Paten sendiri merupakan terobosan Camat Me­gamendung Hadijana yang diujicobakan melalui Megamendungonline.bogorkab.go.id. Kini, Paten pun sudah berjalan meski belum diresmikan.

“Kasihan warga. Kalau peresmian mah hanya seremonial saja. Tidak ada juga gak apa-apa sih,” ujar Hadijana kepada Radar Bogor, kemarin (16/11).

Ia menjelaskan, Paten mencakup sebelas pelayanan. Mulai dari pembuatan akta kelahiran, KTP sampai perizinan permohonan surat keterangan domisili usaha (SKDU). “Apa yang mau dilayani, sampaikan kepada kami, baik itu perizinan maupun non-perizinan,” terangnya.

Seperti untuk meminta keterangan berangkat haji. Setelah mendapat tanda tangan camat, bisa langsung diantar petugas Paten. “Kalau saya di luar tidak mungkin warga harus nunggu lama. Yang bersangkutan tidak usah ke kantor kecamatan lagi,” terangnya.

Salah satu warga Desa Sukamanah, Siti Nurohmah (26) mengaku cukup mengikuti perintah yang ada pada aplikasi tersebut. Seperti pengisian data untuk registrasi. Setelah mengisi data pada Paten Mobile, tim kecamatan menjemput ke lokasi pelayanan ini diyakini dapat mempermudah masyarakat. “Alhamdulillah jadi mudah kalau ke sana harus nunggu waktu terus lama, tapi ini gratis tidak bayar,” terangnya.(don/c)