Beranda Pendidikan

Unpak Luluskan 695 Wisudawan

CETAK SDM UNGGUL: Para wisudawan Universitas Pakuan yang berhasil menyelesaikan studi sesuai target. Diharapkan kiprah mereka untuk mengaplikasikan ilmu demi pembangunan bangsa. (Nelvi/Radar Bogor)

BOGOR–Universitas Pakuan kembali luluskan mahasiswanya dalam kegiatan wisuda yang digelar di Braja Mustika, kemarin (15/11). Sebanyak 695 mahasiswa diwisuda pada hari itu, dengan indeks prestasi tertinggi diperoleh mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, jurusan Biologi, yaitu 3,97.

Rektor Universitas Pakuan Bibin Rubini mengatakan, Unpak akan terus berkiprah menciptakan sumber daya manusia yang cerdas berkualitas. “Melalui pendidikan kita bisa menanamkan pendidikan karakter. Ketika negara meminta melakukan pendidikan bela negara kepada mahasiswa, Unpak sudah sejak dari awal menanamkan hal itu pada mahasiswa,” ungkapnya.

Bibin juga mengungkapkan, dirinya sangat bangga karena akhir-akhir ini Unpak telah berhasil mencetak prestasi mencapai prestasi baik di tingkat nasional bahkan internasional.

“Seperti juara atlet karate internasional Billy Kumara, lalu ada lagi juara 1 Pornas, dan paduan suara kita juga berprestasi,” bebernya.

Berdasarkan keterangan Bibin, Unpak telah berhasil menyabet rekor MURI karena menampilkan poster hasil penelitian. “Sebanyak 637 poster hasil penelitian mahasiswa dan dosen dipajang pada saat itu,” tutur Bibin.

Menurut Bibin, Unpak memberikan suatu wadah untuk mahasiswa mengembangkan potensi minat dan bakatnya di luar potensi akademik. “Seperti organisasi kemahasiswaan yang diwadahi oleh BEM, demikian juga badan legislatif, dan unit kegiatan mahasiswa. Jadi, mahasiswa bukan hanya cerdas secara akademik, tetapi pandai bersosialisasi,” ungkap Bibin.

Bibin mengungkapkan, dengan hal tersebut, Unpak ingin membentuk jiwa kepemimpinan pada diri mahasiswa.

“Kompetisi lulusan nanti saat mencari kerja di perusahaan bukan hanya dari indeks prestasi saja, tetapi juga perilaku dan sikap yang diperhatikan,” bebernya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah IV, Uman Suherman, yang pada saat itu menyampaikan alumni Unpak tidak perlu malu untuk menunjukkan dirinya. “Karena Unpak saat ini sudah terakreditasi B, hal itu berarti, ijazah yang kalian terima sudah diakui oleh Kemenristek Dikti,” ungkapnya.

Menurutnya, lulusan Unpak harus menjadi duta bagi almamaternya sendiri. “Anda adalah duta promosi, dengan perilaku yang baik dari kalian di lingkungan kerja dan bermasyarakat, tunjukkan lulusan Unpak adalah lulusan yang menjunjung tinggi karakter Jawa Barat, yaitu silih asah silih asih dan silih asuh. Dan ini bukan perjuangan akhir tapi langkah awal kalian menuju kesuksesan,” tutup Uman.(cr1/c)

Baca Juga