Beranda Berita Utama

Tetap Kagumi Yussram-Yonny

BERBAGI
HUMORIS: Para staf Prof Yonny Koesmaryono menyampaikan dukungan pada sang pemimpin yang serius sekaligus humoris, dalam Pilrek 2017 kemarin (15/11).NELVI/RADAR BOGOR

BOGOR-Bagi yang tak mengenalnya dekat, Prof Yonny Koesmaryono dipandang selalu serius dan terkesan cuek. Tapi di balik itu, tersimpan sifat humoris dalam diri calon rektor IPB yang juga Wakil Rektor bidang akademik dan kemahasiswaan ini. Sekretarisnya, Tuti Mulyawaty, mengakui hal itu.

”Orang banyak lihat beliau serius, tiap ketemu tampangnya serius banget. Kadang orang juga agak hatihati,” ungkapnya kepada Radar Bogor, sesaat sebelum pemilihan Rektor IPB berlangsung kemarin.

Di balik keseriusan itu pula, menurut Tuti, Prof Yonny dan staf yang bekerja dengannya juga sering bercanda di waktu senggang. Prof Yonny juga sosok yang sangat mau menerima masukan dari orang-orang di sekitarnya.

”Dengan kemampuannya, dia orang yang sangat menerima masukan dari orang lain, didengar,” ucap Tuty. Tuty berharap, Prof Yonny bisa menyempatkan waktu bagi diri dan keluarganya yang selama ini dirasa sangat kurang. Itu lantaran padatnya jadwal dinas selama ini.

”Karena beliau bentar ke sana, ke sini, kunjungan ke sini, rapat di sana-sini, padet dan mudah berubah. Sampai istrinya kadang nanyanya ke saya. Saya harap, terpilih atau tidak, beliau bisa mengurangi waktu kesibukannya,” tutup Tuty.

Di bagian lain, Prof Muh Yussram Massijaya juga menjadi idola bagi para staf dan anak buahnya. Itu karena Prof Yussram selalu tepat waktu terutama dalam urusan ibadah. Ketika azan berkumandang, Prof Yussram bergegas berangkat sembahyang.

’’Dalam keadaan apa pun, bahkan saat rapat sangat penting, bapak berhenti dan pergi mengambil wudu dan salat,’’ tutur asistennya, Lukmanul Hakim Zaeni. Hal itu juga membuat staf yang lain, yakni Wahyu Hidayat, Sofar Jamil, dan Toyibatun merasa terbawa untuk mengikuti hal baik yang ditularkannya, yaitu salat tepat waktu.

Mereka mengatakan bahwa sosok Yusram juga sosok yang kebapakan. Sangat perhatian dengan orangorang sekitarnya. Ketika mereka sakit, pria asal Makassar itu selalu menyempatkan menjenguk. Yussram juga selalu pasang badan membela para stafnya jika ada kesalahan.

”Kalau kita sukses, pasti beliau bilang ini kerja tim kita. Kalau salah, dia bilang ini salah beliau,” tambahnya.(ran/d)

Baca Juga