Beranda Olahraga Kickers

Siapa Layak Gantikan Ventura?

BERBAGI
Gianpiero Ventura mundur usai Italia gagal ke Piala Dunia 2018. Sejumlah nama dicalonkan menggantikan Ventura salah satunya pelatih Juventus, Max Allegri

MILAN– Kegagalan Italia ke Piala Dunia 2018, langsung memunculkan spekulasi soal penerus Giampiero Ventura. Sejumlah media di Italia, bahkan melaporkan beberapa nama yang layak menggantikan Ventura di Gli Azzurri.

Padahal, masa depan Ventura sebagai pelatih, hingga saat ini belum diputuskan. Hanya saja, kemung­kinan besar dia akan lengser dari jaba­tannya menyu­sul kegagalan itu.

Salah satu pelatih yang disebut-sebut layak menggantikan posisi Ventura adalah Carlo Ance­lotti. Terlebih, saat ini Ancelotti dalam status menganggur usai dipecat Bayern Muenchen.

Salah satu pelatih ternama Italia, Fabio Capello, menganjurkan agar FIGC memilih Ancelotti untuk menjadi pelatih Gli Azzurri. Dia menilai Carletto telah komplet menjalani karier sebagai pelatih di level klub sehingga sudah saatnya beralih ke timnas.

Capello sendiri sebenarnya belum pernah menukangi timnas Italia meski sudah menjadi arsitek timnas negara lain yakni Inggris dan Rusia. Capello menilai karier kepelatihan­nya di level internasional sudah berakhir dan sepantasnya menjadi kesempatan pelatih di bawahnya.

“Ancelotti sangat ideal menjadi pelatih Italia. Dia memiliki penga­laman luar biasa dan telah meraih pelbagai prestasi. Dia hanya kurang menjadi arsitek timnas saja untuk melengkapi kariernya,” sebut Capello seperti dilansir Soccerway.

Lain Capello, lain Alessandro Del Piero. Legenda timnas Italia itu justru meminta kepada Antonio Conte untuk kembali menukangi Gli Azzurri. Seperti diketahui, Conte merupakan allenatore timnas Italia pada kurun 2014-2016. Dia menggantikan posisi Cesare Prandelli.

“Conte melakukan hal luar biasa bersama Juventus dan kemudian timnas Italia. Kini, dia melakukan hal sama bersama Chelsea. Tentunya semua akan senang andai dia kembali menjadi pelatih Gli Azzurri. Dia akan membuat Italia lebih baik lagi,” sebut eks penyerang Juventus tersebut.

Sementara itu, salah satu koran terbesar di Italia, La Gazzetta dello Sport, menulis bahwa karier Ventura bersama timnas Italia telah berakhir. Mereka juga menulis bahwa sukse­sornya banyak pilihan yakni Ancelotti, Conte, dan Roberto Mancini. Bahkan, pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, juga disebut layak meng­gantikan posisi Ventura.

Sementara, Ventura saat diwa­wancarai stasiun televisi Italia, La lene menegaskan akan segera meng­undurkan diri. “Ya,” ucap pria 69 tahun itu saat ditanya apakan akan meng­undurkan diri setelah gagal membawa Italia ke Rusia.(epr/jpc/dkw)

 

Komentar Anda

Baca Juga