25 radar bogor

Cegah Kematian Ibu dengan Donor Darah

BOGOR–Tingginya jumlah kematian ibu hamil yang disebabkan kekurangan darah, memantik RS Medika Dramaga untuk menggenjot ketersediaan darah di rumah sakit. Salah satunya dengan mengadakan donor darah, kemarin (15/11).

Direktur RS Medika Dramaga, dr R Gioseffi Purnawarman mengatakan, untuk mengurangi angka kematian ibu hamil, salah satu langkah yang diambil rumah sakit adalah mengumpulkan darah sebanyakbanyaknya.

”Karena kekurangan darah itu maksimal waktu yang dibutuhkan hanya dua jam. Lewat dari dua jam, ya pasien tidak bisa tertolong,” jelasnya kepada Radar Bogor.

Akses jalanan sekitar RS Medika Dramaga yang macet bukan main itu, juga menjadi faktor kendala piha rumah sakit jika ada pasien kekurangan darah. “Makanya, kami juga memiliki bank darah sendiri. Sebagai antisipasi dan upaya kami menyelamatkan nyawa pasien,” ucap Gioseffi.

Kegiatan donor darah yang dilakukan merupakan agenda rutin tiga bulan sekali untuk pihak internal saja. Tapi, mereka tidak melarang pihak umum yang ingin terlibat dan memberikan sumbangan darah. Pihaknya juga bekerja sama dengan PMI Kota Bogor untuk proses sterilisasi darah.

“Setelahnya ya akan dikirim ke kami, ditaruh di bank darah kami, sebagai persediaan,” tegasnya.

Dalam sekali kegiatan, pihak rumah sakit bisa mengumpulkan 27 kantong darah. “Antusiasme karyawan sangat tinggi, karena sudah saya tekankan bahwa menyumbang darah itu nikmatnya sangat luar biasa dan mereka juga merasakan,” tandas Gioseffi.(ran/c)