Beranda Olahraga All Sport

Semua Karena Ventura

Pelatih Italia Gianpiero Ventura jadi biang keladi kegagalan Italia ke Piala Dunia 2018

ITALIA–Gelandang Timnas Italia, Daniele De Rossi, mengecam langkah Giampiero Ventura yang tak memainkan Lorenzo Insigne pada leg kedua play-off Piala Dunia 2018 melawan Swedia Insigne dibiarkan berada di bench selama 90 menit.

De Rossi yang juga tak dimainkan dalam laga itu meyakini andai Insigne tampil, akan memberikan perbedaan. Maklum, penyerang Napoli itu memiliki kecepatan dan kreativitas dalam membongkar pertahanan lawan.

Dalam laga itu, Italia hanya bermain imbang 0-0 dan dipastikan gagal tampil di Piala Dunia 2018. Gli Azzurri kalah agregat 0-1 lantaran pada leg pertama kalah 0-1 di kandang Swedia.

Kecaman De Rossi ditunjukkan saat paruh kedua laga kontra Swedia di pinggir lapangan. Dia tertangkap kamera televisi melakukan protes terhadap anggota staf pelatih Italia terkait tak ditampilkannya Insigne.

De Rossi sendiri diminta untuk melakukan pemanasan. Secara spontan dia menjawab, “Kenapa saya harus melakukan pemanasan? Italia tidak butuh seri, melainkan kemenangan!” teriak De Rossi kepada staf pelatih. Dia pun sambil menunjuk ke arah Insigne yang duduk di sebelahnya. Saat itu, Insigne justru tak diminta melakukan pemanasan.

Dari protes De Rossi jelas, bahwa Italia harusnya tak memainkan gelandang bertahan seperti dirinya saat memburu kemenangan. Seharusnya penyerang seperti Insigne yang dimainkan.

Tak ingin menjadi polemik, De Rossi lantas meminta maaf terkait perkataannya itu. Menurutnya, itu spontan lantaran Italia memang butuh kemenangan demi tiket Piala Dunia 2018. Faktanya, Gli Azzurri gagal lantaran hanya bermain seri.

“Saya minta maaf kalau perkataan saya dianggap menyinggung seseorang. Saya hanya berpikir bahwa dalam situasi saat itu akan lebih baik Insigne dimainkan,” beber De Rossi.(epr/jpc)
 

Baca Juga