Beranda Berita Utama

Nestapa Gli Azzurri

BERBAGI
NESTAPA: Ekspresi kecewa para pemain Timnas Italia usai dikalahkan Swedia dalam kualifikasi Piala Dunia 2018, di San Siro, Milan, Italia kemarin (14/11).REUTERS/MAX ROSSI

MILAN–Gianluigi Buffon takkan mampu melebihi Lothar Matthaeus dan Antonio Carbajal sebagai pemain yang tampil dalam enam edisi Piala Dunia. Kegagalan Italia lolos ke Piala Dunia 2018 bahkan mengakhiri petualangan Gigi-sapaan akrabnya– bersama Gli Azzurri.

Gigi memilih pensiun setelah Italia bermain 0-0 melawan Swedia di San Siro kemarin dini hari WIB (14/11). Hasil pada leg kedua playoff zona Eropa membuat Italia gagal berlaga di Rusia tahun depan setelah kalah agregat 0-1. Itu adalah kegagalan kedua Azzurri lolos ke Piala Dunia setelah edisi 1958.

Uniknya, tuan rumahnya kala itu adalah Swedia, negara yang sekarang menyingkirkan Italia. ’’Maaf jika semuanya berakhir seperti ini,’’ ucap Buffon dengan muka muram dan air mata berlinang kepada Rai Sport.

Kiper 39 tahun itu meninggalkan timnas dengan 175 caps, 15.251 menit, 63 clean sheet, dan 123 kebobolan selama dua dekade membela Azzurri. Membawa Italia meraih juara Piala Dunia 2006 di Jerman adalah momen terbaik penjaga gawang Juventus tersebut.

”Pelukan bagi Chiello (panggilan akrab Giorgio Chiellini), Barza (Andrea Barzagli), Leo (Leonardo Bonucci), dan Lele (Gabriele Oralli, pelatih kiper timnas Italia). Bersama merekalah saya sudah menghabiskan satu dekade terakhir,’’ tutur Buffon. Bukan hanya Buffon yang pensiun setelah laga kemarin.

Chiellini, Barzagli, dan Daniele De Rossi juga mengikutinya. Itu berarti Italia kehilangan dua sosok pemain paling senior karena Buffon adalah kapten dan De Rossi wakil kapten Azzurri. ’’Rasanya aneh melepas jersey timnas. Tapi, ini demi membangun timnas di masa depan,” beber De Rossi sebagaimana dilansir Football Italia.

Ya, pensiunnya empat pemain senior tak ubahnya alarm bagi Italia untuk secepatnya melakukan regenerasi. Dua kali uji coba internasional kontra tim besar, Argentina dan Inggris, pada Maret tahun depan menjadi kesempatan untuk menampilkan wajah baru Azzurri.(ren/c19/dns)

Komentar Anda

Baca Juga