25 radar bogor

Klaim Kondisi Sekolah Masih Bagus

BOGOR–Keluhan SDN Ciranjang, Bogor Selatan, terkait kondisi plafon dan lantai ruang kelas yang rusak, langsung ditanggapi Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor. Menurut Kepala Disdik Kota Bogor, Fahruddin, pihaknya tentu tidak membiarkan sekolah-sekolah dalam kategori rusak berat ditunda revitalisasinya.

Hanya saja, kondisi bangunan fisik SDN Ciranjang dinilainya masih dalam kategori kerusakan ringan. “Saya lihat sendiri dan bahkan masuk ke kamar mandinya, masih bagus,” tegas Fahmi. Tapi, ia pun akan selalu berkoordinasi dengan semua pihak untuk mengontrol keadaan sekolah dan memprioritaskan sekolah yang rusak berat.

Namun, Disdik mengingatkan agar setiap sekolah tidak asal menilai keadaan sekolah tanpa bantuan orang yang kompeten. Sebab, suatu bangunan dikatakan rusak atau tidaknya harus ada orang yang mengerti mengenai bangunan.

“Kami sudah memberikan surat edaran kepada semua sekolah di bawah disdik, bahwa jika melapor dan meminta adanya bantuan revitalisasi dan semacamnya ke dinas, pengecekannya tidak sembarang,” beber Kabid Dikdas Disdik Kota Bogor, Maman Suherman.

Sebab, saat ini disdik sudah memetakan mana saja sekolah yang benar-benar rusak berat, ringan dan sedang. “Kalau tidak dicek sama yang ngerti. Nanti ketika laporan, kami survei ternyata tidak rusak, kan ini yang jadi persoalan,” tambah Maman.

Karena itu, diharapkan laporan mengenai sekolah rusak harus benar-benar dicek dengan orang yang kompeten. Sehingga kerusakan di sekolah tersebut bisa digolongkan kategori berat, sedang atau ringan. Pasalnya, kata Maman, sekolah berhak menggunakan dana bantuan operasional sekolah (BOS) sekitar 30 persen jika mengalami kerusakan sangat ringan.

“Misalnya, gentengnya turun satu atau dua, platformnya geser atau gimana. Itu ada dalam aturannya, bahwa sekolah bisa menggunakan dana BOS kisaran 30 persen untuk memperbaiki yang ringan-ringan seperti itu,” ucapnya.

Terkait keadaan SDN Ciranjang, Maman yang juga hadir dalam kunjungan Wali Kota Bogor Bima Arya saat Hari Pahlawan (10/11), menilai kondisi sekolah baik-baik saja dibandingkan sekolah lain di Kota Bogor yang masuk kategori rusak berat.

Menurut data yang dimiliki disdik, untuk 2017, masih ada sekitar 20 persen lagi sekolah dasar yang masuk kategori rusak berat. “Mereka juga akan mendapatkan bantuan secara bertahap yang masuk dalam anggaran tahun depan,” beber Maman.(ran/c)