Beranda Metropolis

Wadahi Inovasi Teknologi, Gelar Bogor Signal Festival

BOGOR–Bagi Anda yang belum memiliki agenda pada akhir pekan nanti, tak ada salahnya mengunjungi kegiatan Bogor Signal Festival pada Sabtu dan Minggu (18–19/11) di depan di GOR Pajajaran. Di sana, Anda akan disuguhi inovasi anak bangsa di bidang komunikasi, elektronika, dan teknologi informasi.

Kegiatan yang diprakrasai Perhubungan Daerah Militer III/Siliwangi Detasemen Perhubungan Korem 061/SK ini, sekaligus dalam rangkaian HUT ke-72 Perhubungan TNI AD.

Adapun, festival ini bakal diisi kegiatan pameran, jalan sehat, sarasehan, lomba mini fox hunting, dan juga lomba caraka beranting.

Menurut Ketua Panitia Bogor Signal Festival, Letkol Chb Hendro Kustanto, kegiatan ini untuk menyatukan seluruh potensi masyarakat, khususnya bidang komunikasi, elektronika dan teknologi informasi.

“Ada tiga segmen yang kami bidik dalam kegiatan ini. Pertama masyarakat umum dan komunitas, kami pertemukan dan satukan dalam lomba-lomba, seperti fox hunting atau mencari pemancar gelap. Serta caraka beranting yang merupakan penyampaian pesan secara estafet serta jalan santai,” bebernya kepada Radar Bogor.

Sementara segmen kedua adalah stakeholder bidang teknologi yaitu pemerintah, TNI, dunia pendidikan dan perguruan tinggi, serta industri elektronika komunikasi dan informatika. Tidak ketinggalan, masyarakat yang mempunyai inovasi bidang elektronika. “Semua itu kami wadahi dalam pameran teknologi elektronika dan informatika,” tambahnya.

Sedangkan segmen ketiga, yang disasar adalah middle manager dan decision maker yang diwadahi dalam sarasehan dengan tema Menangkal Peperangan Informasi pada Proxy War. Seperti diketahui bahwa tahun depan Indonesia sudah memasuki tahun politik, sehingga metode perang informasi tak mungkin dielakkan.

Indikasinya adalah banyaknya hoax dan penggunaan media elektronik untuk saling menyerang. Ini yang coba diangkat dalam sarasehan karena perang informasi merupakan penggabungan tiga jenis perang, yaitu psy war, perang elektronika dan cyber war. “Semoga apa yg kami selenggarakan dapat mengedukasi masyarakat serta meningkatkan kebanggaan dan kecintaan terhadap karya anak bangsa,” tegas Hendro. (ran/c)

Baca Juga