RADAR BOGOR | Berita Seputar Bogor

SMA Kornita Bangkitkan Semangat Penggalang Muda

SEMANGAT: Para peserta mengikuti Scouttation Kornita Competition di SMA Kornita Bogor.

DRAMAGA–Memacu semangat Penggalang muda se-Bogor Raya, SMA Kornita menggelar kompetisi kepramukaan untuk pertama kalinya, Sabtu (11/11). Kegiatan bertajuk “Scouttation Kornita Competition” ini diikuti 27 sekolah atau biasa disebut pangkalan dalam bahasa kepramukaan.

Masing-masing pangkalan mengirimkan 12 putra dan 12 putri Penggalang terbaiknya untuk mengikuti kompetisi yang disuguhkan SMA Kornita. Terdapat beberapa kompetisi yang bisa diikuti, di antaranya lomba cepat tepat (LCT), lomba ketangkasan baris berbaris (LKBB), wide game yang merupakan lomba mencari jejak yang terdiri dari empat pos.

Lalu lomba Pioneering yang merupakan lomba membuat tiang bendera dengan tongkat Pramuka dan simpul yang tepat, lomba administrasi, lomba kaligrafi islami, terakhir lomba di media sosial malalui aplikasi Instagram, yaitu foto terunik, video terunik, pangkalan tergiat.

Pembina Pramuka SMA Kornita, Abdul Ghofar mengatakan, kegiatan ini sangat didukung oleh kepala SMA Kornita, bahkan akan dijadikan kegiatan rutin tahunan.

“Dengan kegiatan ini diharapkan adik-adik Pramuka menjadi lebih kreatif dan karena kegiatan kepramukaan ini sangat positif dibandingkan mereka berperilaku negatif di luar sana,” kata Abdul kepada Radar Bogor.

Menurut Abdul, walaupun kegiatan ini baru pertama kalinya diadakan, tetapi antusias para peserta dan sekolah-sekolah yang mengikuti kegiatan ini sangatlah baik. “Sangat wah dan ramai, saya sangat senang,” imbuhnya.

Peserta yang mengikuti lomba dalam kegiatan ini dinilai oleh tim juri yang memang ahli dalam bidang kepramukaan ini. “Kami mengundang juri-juri dari dua gerakan Pramuka kota dan kabupaten kabupaten, pusdiklat, dan danramil setempat,” tuturnya.

Kegiatan juga dimeriahkan dengan penampilan dari ekstrakurikuler di SMA Kornita, di antaranya calung, band, tari dan lain-lain yang melibatkan seluruh siswa SMA Kornita. Di akhir kegiatan, peserta mendapatkan pengumuman juara 1, 2, dan 3 dari masing-masing cabang lomba. Sekaligus pengumuman juara umum putra dan juara umum putri yang nilainya diakumulasikan dari semua cabang lomba yang mereka ikuti.(cr1/c)

Komentar Anda

Konten ini Hanya Bisa diakses Pelanggan

Login Untuk Membuka Konten