Beranda Metropolis

Butuh Tiga Hari Keruk Sampah

MENUMPUK: Camat Bogor Timur Adi Novan mengecek pembersihan sampah di saluran air dekat Hotel Amaroossa dan KFC, kemarin (7/11).

BOGOR–Menumpuknya sampah di saluran air antara Hotel Amaroossa dan restoran cepat saji KFC, langsung ditindak lanjuti Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) bersama Camat Bogor Timur dan Lurah Babakan Pasar, kemarin (7/11).

Menurut Camat Bogor Timur, Adi Novan,sampah tersebut diduga berasal dari Terminal Baranangsiang. “Karena saluran tersebut hanya berfungsi sebagai penampung air hujan dan buangan limbah rumah tangga,” jelasnya.

Namun, hal itu masih ditelusuri. Itu juga yang masih menjadi perhatiannya bersama Dinas PUPR dan lurah Babakan Pasar. “Antisipasinya, kami akan membuat pagar agar tidak ada yang buang sampah di saluran, sambil kami telusuri ke depan sampah ini berasal dari mana,” ujar Adi.

Dalam penanganan sampah yang tertimbun kurang lebih satu tahun itu membuat petugas PUPR yang turun kewalahan. “Tadi mulai jam 08.00, sudah kami bersihkan sampah sama pasirnya juga dikeruk,” kata salah satu petugas, Furqon. Ia menambahkan, sejak siang ini petugas sudah mengangkut tiga pikap sampah.

Namun, karena banyaknya sampah yang menumpuk, diperkirakan pengangkutan sampah pada saluran air tersebut akan berlangsung berhari-hari. “Enggak cukup waktu sama tenaga-nya kalau cuma sehari, mungkin sampai dua atau tiga hari baru selesai,” tandasnya. (ran/c)

Baca Juga