Beranda Female

Hati-hati Gunakan Sabun dan Handuk

BERBAGI

CEK: Pemakaian sabun harus diperhatikan agar tidak tambah kering.

Dokter Kishanty menjelaskan banyak faktor yang menyebabkan kulit menjadi kering. Faktor dari dalam adalah ketidakseimbangan nutrisi, kita harus melihat hal yang membuat skin matriks atau skin barrier menjadi baik, sehingga perlu membuat nutrisi yang seimbang.

Seperti seimbang dalam hal energi pemasukan dan pengeluaran kalori, vitamin penjunjang skin matriks dan menjaga flora normal tubuh tetap pada jumlah yang baik, contohnya bakteri patogen tidak sebanyak bakteri normal sehingga bakteri normal masih bisa melindungi.

Selain itu, ada faktor hormonal ketika kita menderita penyakit tertentu sehingga mengonsumsi obat-obatan tertentu ada yang menyebabkan kulit kering. Faktor makin bertambahnya usia, karena makin tipis dan makin kering kulit seseorang. “Perubahan ini wajar mengingat makin tua seseorang makin berkurang hormon yang diproduksi tubuh. Termasuk hormon-hormon yang terkait dengan kesehatan kulit,” ujarnya.

Faktor lain adalah menggunakan sabun yang bersifat mengeringkan kulit. Jadi harus memilih sabun yang membuat skin barrier menjadi baik, karena pemakaian sabun yang salah juga dapat memengaruhi kulit menjadi kering.

Memakai sabun yang tidak diperuntukkan untuk kulit akan merugikan. Hal tersebut akan membuat pelembap alami yang berfungsi melembapkan kulit terkikis sehingga membuat kulit kering. “Untuk kulit kering, baiknya menggunakan sabun batangan atau sabun cair tetapi yang tipe hypo allergic,” tuturnya,

Dokter Kishanty menuturkan, perubahan cuaca juga sangat memengaruhi keadaan kulit kering, perubahan cuaca juga berpengaruh terhadap tingkat kelembapan udara. Kelembapan udara yang terlalu rendah inilah yang akan berdampak kepada tingkat kekeringan kulit. Makin rendah kelembapan udara, biasanya terjadi jika suhu dingin, maka kulit makin terasa kering.

Menggosokkan handuk setelah mandi juga menjadi salah satu faktor penyebab kulit menjadi kering. Mandi dapat membantu melembapkan kulit. Tetapi jika seseorang langsung menggosok badan dengan handuk sampai kering segera sesudah mandi, kelembapan tersebut dapat hilang. “Jika kita menggunakan handuk lebih baik ditepuk-tepuk pada permukaan kulit, kalau digosok akan membuat kulit menjadi iritasi,” tuturnya.

Kurangnya minum air putih, istirahat yang kurang, dan sering berada di ruangan ber-AC juga menjadi faktor penyebab kulit menjadi kering karena sirkulasi udara yang berputar sangat sedikit.(cr6/c)

Komentar Anda