Beranda Metropolis

HAK Kumpulkan 110 Kantong Darah

BERBAGI

BOGOR–Berbagai aksi sosial digelar Himpunan Alumni Kesatuan (HAK), memperingati Hari Sumpah Pemuda. Di antaranya, menggelar donor darah akhir pekan kemarin (29/10).

”Ini donor darah yang ke-56. Juli kemarin merupakan donor darah yang ke-54 yang kami lakukan sejak 2014 lalu,” kata Ketua HAK, Wanto Chandra.

Wanto mengapresiasi peserta donor darah bulan ini karena panitia berhasil mengumpulkan kantong darah lebih banyak dari biasanya. ”Ada 110 kantong darah dari 132 peserta yang mendaftar. Walaupun tidak banyak, dari donor darah sebelumnya bertambah, sebelumnya hanya 103 kantong darah,” kata dia.

Dari ratusan kantong darah itu, terkumpul mayoritas golongan darah O. Kemudian golongan darah lainnya, yakni A, B dan AB. Umumnya, para pendonor adalah kalangan muda usia belasan hingga 25 tahun.

”Semakin hari, jumlah peserta dan kantong darah yang berhasil dikumpulkan semakin banyak. Karena tidak hanya diikuti alumni Kesatuan saja, tapi juga diikuti masyarakat,” ujarnya.

Donor darah ini juga melibatkan personel Polresta Bogor Kota, Polsek Bogor Timur, dan berbagai komunitas.

Sejak dilakukan 2004 lalu, sudah 3.000 kantong darah yang diberikan kepada PMI. Tidak hanya PMI Kota Bogor, tak jarang juga dengan PMI dari daerah lain seperti Kabu­paten Bogor dan Sukabumi. ”Donor darah HAK yang ke-57 akan kembali digelar pada Januari 2018 mendatang,” imbuhnya.(mer/c)

Komentar Anda