Beranda Metropolis

Dasa Wisma Aktif, Warga Sejahtera

BERBAGI

BOGOR–Salah satu PR besar Pemkot Bogor adalah membangun sistem kesehatan yang terintegrasi. Maka itu, Wali Kota Bogor Bima Arya mengingatkan pentingnya mengaktifkan Dasa Wisma sebagai pusat informasi dan data tentang berbagai hal di dunia kesehatan. Hal tersebut diungkapkan Bima saat menyambut tim monitoring dan evaluasi (Monev) lomba Kesatuan Gerak (Kesrak) PKK-KB Kesehatan tingkat Provinsi Jawa Barat 2017, di Kelurahan Tajur, Bogor Timur, Senin (30/10).

Bima mengatakan, selain data dan informasi, Dasa Wisma juga penting untuk menjadi motor penggerak dalam berbagai macam isu terkait dengan kesehatan dan pemberdayaan keluarga terutama dalam program Keluarga Berencana.

“Di Kelurahan Tajur ini banyak hal yang sekarang sudah berjalan dan sedang diikhtiar­kan, yang mudah-mudahan bisa menular kepada yang lain,” harap Bima.

Kegiatan yang saat ini diikhtiarkan, antara lain, program di bidang lingkungan bersih melalui arisan tanaman untuk penghijauan rumah, serta pengurangan sampah yang dibuang ke tempah pembuangan akhir sampah (TPAS).

“Manfaat program ini, salah satunya, dapat mengurangi volume sampah yang dibuang ke TPAS Galuga. Kemudian ada juga Gerakan Tajur Sehat, di mana warga dibiasakan mem­buka jendela dan gorden di pagi hari,” terangnya.

Sedangkan di bidang kesehatan, Kelurahan Tajur juga mempunyai program Galaksi, yang intinya menggalakkan ASI eksklusif. Program ini terus digalakkan agar ibu-ibu membiasakan menyusui bayinya dengan ASI eksklusif, baik untuk anak perta­ma maupun anak kedua. “Masih banyak juga program lainnya yang sedang diikhtiarkan, khusus­nya terkait dengan Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan di Kelurahan Tajur ini, untuk membuat warga dan lingkungan lebih sehat,” jelasnya.(*/ric)

Komentar Anda