Beranda Female

Pujiati B, Kepala Kantor Pos Bogor yang Tak Ingin Ada Kesenjangan

BERBAGI
Pujiati B, Kepala Kantor Pos Bogor

Berawal dari belajar surat menyurat sejak di sekolah dasar, Pujiati mengaku hobi surat menyurat. Ketika masuk SMP, Pujiati mulai memanfaatkan pos untuk hobinya itu. Nah, ia pun tak ketinggalan mencari informasi yang ada di kantor pos termasuk selepas lulus kuliah.

Wanita kelahiran Ngawi, 9 mei 1973 ini melihat pengumuman lowongan pekerjaan di Pos Indonesia selepas lulus kuliah. Peluang itupun tak disia-siakan, ia pun memutuskan melamar dan mengikuti tahap seleksi dan dinyatakan lolos. Selama satu tahun, Puji ditempatkan di Pusdiklat Pos di Bandung untuk dibekali mengenai dunia perposan, management, organisasi dan lain-lain.

Setelah lulus di Pusdiklat Pos, kemudian 1998 sampai 2001 Puji diangkat menjadi manager yang ditempatkan di Kantor Pos Bandar Lampung, kemudian pada 2001 sampai 2004 dimutasi dan tetap menjadi manager di Kantor Pos Jakarta Timur. Setelah itu, pada 2005 berpindah menjadi manager di Kantor Regional IV Jakarta, 2006 sampai 2010 di Kantor Pos Jakarta Selatan, 2010 hingga 2014 di Kantor Pos Jakarta Pusat. Selang dari situ, pada 2014 hingga 2016 menjadi wakil kepala kantor di Kantor Pos Bekasi dan 2016 sampai sekarang ditempatkan sebagai kepala Kantor Pos Bogor.

Sebagai Kepala Kantor Pos Bogor, Puji selalu menerapkan dan mengedepankan kekeluargaan kepada para karyawan. “Saya tidak ingin membuat kesenjangan. Untuk urusan pekerjaan harus sesuai dengen SOP, tetapi di luar pekerjaan kita adalah keluarga. Saya bisa dianggap seorang ibu, kakak, anak ataupun adik dari senior saya,” tutur Pujiati B.

Tanggung Jawab Puji sebagai kepala Kantor Pos Bogor adalah memanage kantor, harus bisa menjalankan tugas dari managemen yaitu untuk memperkenalkan pos ke dunia luar bahwa pos itu ada, secara bisnis harus memiliki revenue yang ditargetkan, memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya, dan lain-lain.

Dalam mencapai jabatan yang telah diraihnya, Puji mengaku banyak belajar dari senior-seniornya.  Karena dari awal masuk, Puji sudah diajarkan tentang rasa kekeluargaan yang sangat tinggi, meskipun dipindahkan beberapa kali tetapi semua mengetahuinya. “Semua tetap mengenal satu sama lain. Saya belajar kekeluargaan dari senior dan saya terapkan, alhamdulillah saya merasa teman-teman itu bisa kenal saya,” tuturnya.

Selain itu, Puji juga menerapkan disiplin yang tinggi, kalau masalah pekerjaan harus diutamakan karena  sudah berkomitmen.

“Memang yang utama itu adalah disiplin, dengan adanya disiplin pasti kita akan mematuhi SOP,” tuturnya. Ke depan, Puji tetap ingin berkarier di Pos Indonesia karena dirinya dibesarkan Pos Indonesia. Menurut Puji, di Pos Indonesia Puji banyak mendapatkan ilmu yang luar biasa yang tidak didapat saat sekolah dan kuliah dulu.

“Pengalaman selama 19 tahun ini sangat berkesan dan mendapatkan ilmu yang luar biasa, tentunya selain di Bogor nanti mudah-mudahan bisa berkarier lebih baik lagi dan bisa membagikan ilmu dan agar bisa bermanfaat bagi Pos Indonesia,” tuturnya. (cr6/c)

 

 

Komentar Anda