Beranda Olahraga Arena

Dovi Gagalkan Pesta Marquez

BERBAGI

KALAHKAN MARQUEZ: Andrea Dovizioso (tengah) meluapkan emosinya usai memenangi GP Malaysia, kemarin (29/10). Sementara, rekannya, Jorge Lorenzo (kiri), sukses finish kedua diikuti Johann Zarco.

SELANGOR–Marc Marquez harus membatalkan pestanya. Perebutan gelar juara dunia MotoGP 2017 harus ditentukan pada seri pamungkas di Valencia, Spanyol, pada 12 November mendatang. Itu setelah Andrea Dovizioso (Ducati) mampu memenangi seri MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang, kemarin (29/10) WIB.

Di satu sisi, Marc Marquez (Repsol Honda) yang merupakan kandidat kuat peraih gelar juara dunia musim ini, hanya finis di posisi 4 (P4). Dengan begitu, Dovi masih memiliki peluang memperebutkan gelar juara dunia di Valencia mendatang.

Dengan keberhasilan Dovi finis pertama, dia kini mengoleksi 261 poin. Sementara itu, Marquez hanya mendapat tambahan 13 angka dan menjadi 282 poin. Marquez sendiri masih berpeluang lebih besar menjadi juara dunia lantaran unggul 21 poin. Pada seri di Valencia, dia hanya butuh 5 poin untuk juara. Artinya, minimal berada di posisi 11 di Valencia, Marquez dinobatkan sebagai juara MotoGP 2017.

Balapan di Sepang kali ini di­lakukan di lintasan dalam kondisi basah. Maklum saja, beberapa saat sebelumnya hujan meng­guyur Sepang. Start dari posisi ketiga, Dovi bisa dibilang kurang panas. Sementara, Marquez yang start dari posisi 7 juga menun­jukkan performa apik.

Pada awal balapan, Marquez sempat berada di depan Dovizioso. Memasuki lap 9, justru Jorge Lorenzo (Ducati) yang mampu berada di depan setelah menyalip Johann Zarco. Tak beberapa lama, Ducati menyodok dan berada di urutan kedua di balakang rekannya, Lorenzo. Sedangkan Marquez berada di posisi keempat.

Lorenzo terus memimpin dan Dovi berusaha untuk menyalip. Pada akhirnya, saat memasuki lap kelima, tepatnya di tikungan 15, Dovi berhasil menyusul Lorenzo. Dovi berhasil mempertahankan posisinya tetap di depan sampai finis. Sedangkan Lorenzo tetap berada di P2. Posisi Marquez juga tak berubah dan mengakhiri balapan di P4.

Keberhasilan Dovi menyusul Lorenzo tak lepas dari kesalahan pembalap asal Spanyol itu. Dia melebar di tikungan 15 dan membuka celah bagi Dovi untuk melewatinya. Entah ini bagian dari team order atau bukan, pastinya Dovi meraih juara di MotoGP Malaysia 2017.

”Kondisi lintasan di Sepang sempat menyulitkan karena trek basah. Tapi, saya sedang dalam performa apik di Sepang sejak FP1. Momen saya sedang bagus di Sepang dan saya bersyukur bisa berlanjut hingga balapan,” sebut Dovi seperti dilansir MotoGP.com. Bagi Ducati, ini pertama kali pada musim ini bisa finis 1-2 dalam satu seri balapan.(jpg/dkw)

Komentar Anda