Beranda Ekonomi

Bank Mandiri Gandeng UMKM

BERBAGI
DUKUNG UMKM: Bank Mandiri Bogor menggelar Festival Pasar UMKM RKB di Jalan Jenderal Sudirman, kemarin (29/10).

BOGOR–PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menegaskan komitmennya mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia termasuk di Bogor. Tidak hanya menyediakan tempat yang dikenal dengan Rumah Kreatif BUMN (RKB), Bank Mandiri juga menggelar berbagai kegiatan. Seperti Minggu (29/10) kemarin di area car free day (CFD) Sudirman, menggelar acara dengan tajuk ”Festival Pasar UMKM RKB Bank Mandiri Bogor”.

Area Head PT Bank Mandiri Bogor, Azhari Fikri, mengatakan kegiatan dilakukan untuk memperkenalkan beragam produk yang dihasilkan UMKM yang telah gabung di RKB Bogor. Setelah kegiatan ini, nantinya hasil produk UMKM bisa lebih dikenal masyarakat dan pasar. Bagi UMKM bisa bergabung di RKB Bogor yang berlokasi di Jalan Raya Semplak.

Azhari menuturkan, RKB tidak hanya sekadar tempat berkumpul, melainkan sebagai tempat belajar dan berbagi ilmu mengembangkan usaha.
”RKB juga sebagai wadah untuk membangun ekonomi digital khususnya pada UMKM,” ujar Fikri.

RKB memiliki tiga hal dalam melakukan pembinaan yakni go modern, online, dan digital. Bank pelat merah ini mem­berikan pembinaan dengan rutin menggelar pelatihan dan workshop terkait dengan pengembangan usaha. Di RKB, mereka yang bergabung akan mendapatkan pelatihan dari proses produksi, pemasaran hingga pemberian level atau nama produk sehingga bisa bersaing di pasar.

“Sampai layak dan bisa bersaing di pasar,” tambahnya. Termasuk permodalan, mereka akan mendapatkan kemudahan akses perbankan khususnya di Bank Mandiri.

Saat ini, Bank Mandiri, untuk pemasaran produk UMKM bekerja sama dengan toko online, yakni belanja.com. Hanya, produk yang bisa dipasarkan di belanja.com tidak semua produk UMKM yang gabung. Tapi harus memenuhi beberapa kriteria. Dari 800 UMKM yang gabung di RKB, sekitar 25 persen atau 200 UMKM sudah dipasarkan melalui belanja.com. Ke depannya bisa lebih banyak lagi produk UMKM yang bisa gabung dan masuk pasar online. Untuk lebih memudahkan pembinaan dan pendampingan, UMKM yang gabung menjadi dua kategori, yakni medium low dan medium high.

RKB Manager, Hielda Widi­aningsih me­nambahkan, berbagai rangkaian acara dilakukan di Festival Pasar UMKM RKB Bogor. Ada bazar puluhan produk UMKM dan olahraga dengan Zumba bersama.(mer/c)

Komentar Anda

Baca Juga